RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
Kode KD : 7.2
|
Nama Sekolah : SMK N 4 MALANG
Mata Pelajaran :
FISIKA
Kelas :
III
Semester : 5 (Lima)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
Menerapkan Konsep Suhu dan Kalor
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menguasai Pengaruh Kalor Terhadap Zat
|
INDIKATOR
|
Pemuaian panjang pada
berbagai zat dijelaskan secara kuantitatif
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar siswa dapat :
1.
Memberikan
contoh peristiwa pemuaian
2.
Menjelaskan
pengertian pemuaian
3. Menyebutkan penyebab terjadinya pemuaian
4.
Menyebutkan
macam-macam pemuaian
5. Menerapkan persamaan pemuaian
panjang
B.
Materi Pembelajaran
1.
Contoh
peristiwa pemuaian
2.
Definisi
Pemuaian
3.
Faktor-faktor penyebab
pemuaian
4.
Macam-macam pemuaian
5.
Persamaan pemuaian
panjang
C.
Metode Pembelajaran
1.
Media
Virtual (Pesona Fisika)
2.
Ceramah
bervariasi dengan diskusi
3.
Problem Solving
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan Awal ( 15 menit )
1.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
2.
Memberikan
contoh fenomena pemuaian zat.
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
1.
Siswa
diajak untuk meng – EKSPLORASI fenomena
alam yang terjadi di sekitar kita, kemudian dilakukan kompilasi informasi.
2.
Siswa
diajak untuk diskusikan informasi yang didapat.
Informasi yang
didapat diformulasikan menjadi sebuah konsep dasar, jika terjadi kesimpulan
yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku maka guru meluruskan secara tepat /
mengarahkan ke standar kompetensi yang dipersyaratkan.
Konsepsi diberikan
dalam 2 penyampaian :
a.
Siswa
mencari dan menyimpulkan sendiri, guru memberikan koreksi dan penguatan pada
penemuan siswa
b.
Pemberian informasi oleh
guru, jika ada informasi konsep atau prinsip yang belum teramati oleh siswa.
3. Siswa diajak untuk mengamati / memperhatikan / menemukan konsepsi yang ada
dalam Media Virtual “PESONA FISIKA”
4. Tanya jawab untuk meneliti/menguji tingkat penyerapan siswa terhadap materi
yang sedang dibahas.
5. Mencari hubungan antara panjang awal benda dan pertambahan panjang benda
dengan memperhatikan demonstrasi dalam Software Pesona Fisika
6. Mencari hubungan antara pertambahan suhu dan pertambahan panjang benda
dengan memperhatikan demonstrasi dalam Software Pesona Fisika
7. Guru bersama siswa merumuskan pemuaian panjang
III. Kegiatan Penutup
1.
Mengulang
kembali semua konsep, prinsip dan hukum yang telah dibicarakan sesuai dengan
kontens materi fisika tentang Pemuaian Panjang
2.
Guru
memberikan tugas terstruktur (LKS) berupa tugas individual untuk dikerjakan di
luar jam pelajaran (PR)
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1.
Modul Fisika SMK Teknik
1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2.
Software Pesona Fisika
3.
LKS
4.
LCD
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Tertulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
Malang, 4 Januari 2011
Pengajar,
M. ASROFI
NIP...................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar