Photobucket
Photobucket

Senin, 05 Maret 2012

RPP BESARAN SATUAN


PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095  Fax (0341) 353798
                               www.smkn4-mlg.info     e-mail :surat@smkn4-mlg.info                              
 

No. Dok
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
Revisi
: 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                 : SMK N 4 MALANG
Mata Pelajaran                : FISIKA
Kelas                                : X
Semester                          : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                 : 2  x 40 menit (1 x pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI
1.    Mengukur besaran dan menerapkan satuannya
KOMPETENSI DASAR
1.    Mengukur besaran-besaran pokok dan turunannya
INDIKATOR
Siswa diharapkan dapat:
·  Menjelaskan pengertian besaran dan satuan
·  Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan
·  Menerapkan satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional
·  Membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur secara tepat, serta  menulis hasil pengukuran sesuai aturan penulisan angka penting disertai ketidakpastiannya (batas ketelitian alat) dengan tepat.
·  Menjelaskan pengertian tentang kesalahan sistematik dan acak serta memberikan contohnya

A.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
1.    Menjelaskan pengertian besaran
2.    Membedakan antara besaran pokok dengan besaran turunan
3.    Menjelaskan pengertian satuan dan mengkonversi satuan
4.    Menggunakan alat ukur dengan tepat
5.    Mengetahui ketakpastian dalam menggunakan alat ukur

B.   Materi Pembelajaran  
1.    Besaran pokok dan besaran turunan
2.    Satuan dan konversinya
3.    Jenis – jenis alat ukur
4.    Pengukuran dan ketakpastian pengamatan

C.   Metode Pembelajaran 
1.      Problem Base Learning (PBL)
2.      Jigsaw
3.      Praktek
4.      Penugasan

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

ALOKASI WAKTU
KEGIATAN
GURU
SISWA

PENDAHU-LUAN

10”
·       Memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan besaran dan satuan
·       Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
·       Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan pengetahuan mereka sendiri
·       Mendengarkan dan menyimak penjelasan

INTI

50”
·         Membagi siswa dalam beberapa kelompok
·         Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian besaran dan satuan
·         Menjelaskan dan berdiskusi tentang perbedaan besaran pokok dengan besaran turunan dilanjutkan tentang konversi satuan
·         Menjelaskan dan tanya jawab tentang macam-macam besaran dan sistem satuan beserta alat-alat ukurnya.
·         Melakukan pengukuran dengan mengetahui ketidakpastiannya.
·       Membentuk kelompok sesuai dengan perintah guru
·       Berdiskusi dalam kelompok secara aktif, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, dan jika kesulitan menayakannya kepada guru
·       Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi yang dipelajari


PENUTUP

20”
·       Membuat kesimpulan bersama-sama siswa
·       Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·       Memberikan tugas tidak terstruktur untuk mempelajari materi pengukuran untuk pertemuan berikutnya
·       Membuat dan mencatat kesimpulan
·       Mengerjakan tugas yang diberikan


E.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.    Modul Fisika SMK Teknik 1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2.    Mistar, jam, neraca dan alat-alat ukur lain
3.    Job sheet

F.    Penilaian

TEKNIK PENILAIAN
BENTUK INSTRUMEN
INSTRUMEN
Kognitif         : jawaban tiap orang dalam kelompok.
Pilihan ganda
Terlampir
Psikomotor  : keaktifan dalam menyampaikan gagasan


Afektif             : semangat dalam kerja sama, kesungguhan dalam mendengarkan materi dari teman




Malang, 8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran Fisika




Drs. H. SUPANDI,S.Pd, M.Si                                          M. ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008                                           NIP.19810328 200603 1 013 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar