PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMK NEGERI
4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095
Fax (0341) 353798
www.smkn4-mlg.info e-mail :surat@smkn4-mlg.info
No. Dok
|
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
|
Revisi
|
: 2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMK N 4 MALANG
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas : X
Semester :
1 (Satu)
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
1.
Mengukur besaran dan menerapkan satuannya
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Menerapkan
analisis dimensional dan vektor untuk membantu menyelesaikan persoalan fisika
|
INDIKATOR
|
Siswa diharapkan dapat:
·
Menjelaskan
besaran dengan dimensi yang dimilikinya
·
Mendefinisikan dan menerapkan angka penting dalam pengukuran.
·
Menjelaskan tentang
besaran skalar dan besaran vektor
·
Menggunakan notasi ilmiah
dalam perhitungan
·
Menghitung
penjumlahan vektor baik secara polygon maupun jajaran genjang
·
Menghitung
pengurangan vektor.
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar siswa dapat :
1. Mengetahui dimensi dari besaran pokok dan besaran
turunan
2. Mendefinisikan pengertian angka penting
3. Menerapkan angka penting dalam pengukuran
4. Membedakan besaran skalar dan besaran vektor
5. Menggunakan notasi ilmiah
6. Menghitung penjumlahan dan pengurangan vektor
B.
Materi Pembelajaran
1.
Besaran dan
dimensi
2. Angka penting
3. Notasi ilmiah
4. Besaran skalar dan vektor
5.
Penjumlahan
dan pengurangan vektor
C.
Metode Pembelajaran
1. Problem base Learning (PBL)
2. Jigsaw
3. Praktik
4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHU-LUAN
10”
|
· Memberikan pertanyaan tentang Angka Penting dan Pengukuran disertai dengan contohnya
·
Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
|
·
Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan pengetahuan
mereka sendiri
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
55”
|
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang angka penting beserta penerapannya dalam pengukuran
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang besaran skalar dan besaran vektor
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang penjumlahan vektor dalam perhitungan
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang pengurangan vektor dalam perhitungan
|
· Menyimak demonstrasi guru
· Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
yang dipelajari
|
PENUTUP
15”
|
·
Membantu
siswa membuat
kesimpulan
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·
Memberikan tugas tidak terstruktur untuk
mempelajari materi Gerak dan Gaya untuk pertemuan berikutnya
|
·
Membuat
dan mencatat kesimpulan
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
Praktikum
jika memungkinkan.
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHU-LUAN
10”
|
· Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk
praktik pengukuran besaran panjang, massa dan waktu
· Menjelaskan langkah-langkah melaksanakan praktik
pengukuran besaran panjang, massa dan waktu
|
· Bersama-sama membantu guru menyiapkan alat dan
bahan yang diperlukan untuk praktik pengukuran besaran panjang, massa dan
waktu
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
60”
|
·
Mengawasi praktik pengukuran besaran panjang,
massa dan waktu
·
Memandu mengolah data hasil pengukuran
|
·
Melaksanakan praktik pengukuran besaran panjang,
massa dan waktu
·
Mengolah data hasil pengukuran
·
Menyajikan data hasil pengukuran dengan grafik
|
PENUTUP
10”
|
·
Memandu membuat kesimpulan hasil pengukuran
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
|
·
Menuliskan kesimpulan hasil pengukuran
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1.
Modul Fisika SMK Teknik 1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2. Mistar, jam, Jangka sorong, Mikrometer
skrup, AVO meter, Jam henti, Termometer, neraca dan alat-alat ukur lain
3.
Job sheet
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Kognitif : jawaban tiap orang dalam kelompok.
|
Pilihan ganda
|
Terlampir
|
Psikomotor : keaktifan dalam menyampaikan gagasan
|
|
|
Afektif : semangat dalam kerja sama, kesungguhan
dalam mendengarkan materi dari
teman
|
|
|
Malang,
8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. H. SUPANDI,S.Pd, M.Si M.
ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008 NIP.19810328
200603 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar