PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095
Fax (0341) 353798
www.smkn4-mlg.info e-mail :surat@smkn4-mlg.info
No. Dok
|
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
|
Revisi
|
: 2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMKN 4 MALANG
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas : X
Semester :
1 (Satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 x
pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
1.
Memahami konsep-konsep
dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami konsep gerak sebuah
benda titik melalui besaran-besaran fisika yang terkait
|
INDIKATOR
|
Siswa diharapkan dapat:
· Mendefinisikan
pengertian gerak lurus
· Membedakan
antara jarak dan perpindahan
· Mendefinisikan
pengertian kecepatan
· Membedakan antara kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
· Membedakan kelajuan dan kecepatan
· Menjelaskan
definisi tentang percepatan
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat :
1. Menjelaskan pengertian gerak
2.
Menuliskan hubungan antara jarak dan perpindahan
3.
Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
4.
Menjelaskan
definisi tentang percepatan
B.
Materi Pembelajaran
1.
Definisi
gerak lurus, perpindahan dan jarak
2.
Definisi
kecepatan, kecepatan rerata dan kecepatan sesaat
3.
Kecepatan
dan kelajuan
4.
Definisi
percepatan
5.
Gerak
lengkung
C.
Metode
Pembelajaran
1. Problem Base Learning (PBL)
2. Demonstrasi
3. Ceramah bervariasi dengan diskusi
4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHU-LUAN
10”
|
· Memberikan pertanyaan tentang macam-macam dan
contoh gerak
·
Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
|
·
Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan
pengetahuan mereka sendiri
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
50”
|
· Mendemonstrasikan macam-macam gerak
·
Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian
gerak
·
Menjelaskan dan tanya jawab tentang pola hubungan
antara jarak dan perpindahan
·
Menjelaskan dan berdiskusi tentang kecepatan
rata-rata dan kecepatan sesaat
·
Menjelaskan dan berdiskusi tentang percepatan
|
· Menyimak demonstrasi guru
· Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
yang dipelajari
|
PENUTUP
20”
|
·
Membantu
siswa membuat
kesimpulan
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·
Memberikan tugas tidak terstruktur untuk
mempelajari materi gerak lurus dan
aplikasinya
untuk pertemuan berikutnya
|
·
Membuat
dan mencatat kesimpulan
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Modul Fisika SMK Teknik 1
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2. Bola, mobil-mobilan, atau
benda-benda yang dapat bergerak
3. Job sheet
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Kognitif : jawaban tiap orang dalam kelompok.
|
Pilihan ganda
|
Terlampir
|
Psikomotor : keaktifan dalam menyampaikan gagasan
|
|
|
Afektif : semangat dalam kerja sama,
kesungguhan dalam mendengarkan materi
dari teman
|
|
|
Malang,
8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. H. SUPANDI,
S.Pd, M.Si M. ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008 NIP.19810328
200603 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar