Photobucket
Photobucket

Senin, 05 Maret 2012

RPP GLB GLBB



PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095  Fax (0341) 353798
                               www.smkn4-mlg.info     e-mail :surat@smkn4-mlg.info                              
 

No. Dok
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
Revisi
: 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                 : SMKN 4 MALANG
Mata Pelajaran                : FISIKA
Kelas                                : X
Semester                          : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                 : 2  x 40 menit (1 x pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI
1.    Memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
KOMPETENSI DASAR
2.    Memahami konsep gerak sebuah benda titik melalui besaran-besaran fisika yang terkait
INDIKATOR
Siswa diharapkan dapat:
·     Menjelaskan GLB dan GLBB
·     Menerapkan konsep GLB dan GLBB dalam pemecahan masalah
·     Menerapkan persamaan GLBB untuk memecahkan gerak vertikal ke atas dan gerak jatuh bebas.

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar siswa dapat :
1.    Mendefinisikan pengertian GLB
2.    Menerapkan persamaan GLB dalam perhitungan
3.    Mendefinisikan pengertian GLBB
4.    Menerapkan persamaan GLBB dalam perhitungan
5.    Mendefinisikan pengertian gerak vertikal ke atas
6.    Menerapkan persamaan gerak vertikal ke atas dalam perhitungan
7.    Mendefinisikan pengertian gerak jatuh bebas
8.    Menerapkan persamaan gerak jatuh bebas dalam perhitungan

B.   Materi Pembelajaran  
1.      Gerak lurus beraturan
2.      Gerak lurus berubah beraturan
3.      Gerak lurus dengan percepatan tetap
4.      Gerak jatuh bebas
5.      Gerak tidak beraturan

C.   Metode Pembelajaran 
1.    Problem Base Learning (PBL)
2.    Demonstrasi
3.    Ceramah bervariasi dengan diskusi
4.    Penugasan

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

ALOKASI WAKTU
KEGIATAN
GURU
SISWA

PENDAHU-LUAN

15”
·       Memberikan pertanyaan tentang Gerak Lurus dan contohnya
·       Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
·       Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan pengetahuan mereka sendiri
·       Mendengarkan dan menyimak penjelasan

INTI

50”
·       Membagi siswa dalam kelompok belajar
·       Mendemonstrasikan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang GLB
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang penerapan persamaan  GLBB dalam perhitungan
·       Mendemonstrasikan contoh-contoh Gerak Vertikal
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian Gerak Vertikal ke atas.
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang persamaan Gerak Vertikal ke bawah dan Gerak Jatuh Bebas
·       Membentuk kelompok sesuai dengan perintah guru
·       Menyimak demonstrasi guru
·       Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi yang dipelajari


PENUTUP

15”
·       Membantu membuat kesimpulan
·       Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·       Memberikan tugas tidak terstruktur untuk mempelajari materi Gerak melingkar untuk pertemuan berikutnya

·       Membuat dan mencatat kesimpulan
·       Mengerjakan tugas yang diberikan


E.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.    Modul Fisika SMK Teknik 1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2.    Bola, mobil-mobilan, atau benda-benda yang dapat bergerak
3.    Job sheet

F.    Penilaian

TEKNIK PENILAIAN
BENTUK INSTRUMEN
INSTRUMEN
Kognitif         : jawaban tiap orang dalam kelompok.
Pilihan ganda
Terlampir
Psikomotor  : keaktifan dalam menyampaikan gagasan


Afektif             : semangat dalam kerja sama, kesungguhan dalam mendengarkan materi         dari teman





Malang, 8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran Fisika




Drs. H. SUPANDI, S.Pd, M.Si                                      M. ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008                                        NIP.19810328 200603 1 013 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar