PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117  (0341) 353798, 320095 
Fax (0341) 353798
                               www.smkn4-mlg.info     e-mail :surat@smkn4-mlg.info                               
| 
No. Dok | 
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08 | 
| 
Revisi | 
: 2 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah                 : SMKN 4 MALANG
Mata
Pelajaran                : FISIKA
Kelas                                : X
Semester                          :
1 (Satu)
Alokasi
Waktu                 : 2  x 40 menit (1 x pertemuan)
| 
STANDAR KOMPETENSI | 
2.    Memahami
  konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik | 
| 
KOMPETENSI DASAR | 
3.   
  Memahami gerak melingkar
  dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut tetap | 
| 
INDIKATOR | 
Siswa diharapkan dapat: 
·     Merumuskan gerak melingkar beraturan secara
  kuantitatif 
·     Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal dan
  aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari 
·     Mendiskripsikan contoh gerak melingkar beraturan dan
  berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari 
·    
  Menggunakan
  perumusan kuantitatif gerak melingkar berubah beraturan dalam permasalahan
  fisika | 
A.  
Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar siswa dapat :
1.    Mendefinisikan pengertian gerak melingkar beraturan
2.    Menerapkan persamaan gerak
melingkar beraturan dalam perhitungan
3.    Mendefinisikan pengertian percepatan sentripetal
4.    Menerapkan persamaan percepatan sentripetal dalam perhitungan
5.   
Mendefinisikan pengertian gerak melingkar berubah beraturan
6.    Menerapkan persamaan gerak
melingkar berubah beraturan dalam perhitungan
B.  
Materi Pembelajaran
1.     
Pengertian
dan ciri – ciri gerak melingkar
2.     
Kecepatan
linier dan kecepatan sudut
3.     
Percepatan
sentripetal
4.     
Gerak
melingkar beraturan
5.     
Gerak
melingkar berubah beraturan
6.     
Perioda dan frekuensi gerak melingkar
C.  
Metode
Pembelajaran  
1.    Problem base Learning (PBL)
2.    Demonstrasi
3.    Ceramah bervariasi dengan diskusi
4.    Penugasan
D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
| 
ALOKASI WAKTU | 
KEGIATAN | |
| 
GURU | 
SISWA | |
| 
PENDAHU-LUAN 
15” | 
·      
  Memberikan pertanyaan tentang gerak melingkar dan
  contohnya 
·      
  Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari | 
·      
  Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan
  pengetahuan mereka sendiri 
·       Mendengarkan dan menyimak penjelasan | 
| 
INTI 
50” | 
·        
  Mengajak siswa untuk membuat
  kelompok diskusi 
·        
  Mendemonstrasikan gerak melingkar  
·        
  Menjelaskan
  dan berdiskusi tentang pengertian gerak melingkar 
·        
  Menjelaskan
  dan tanya jawab tentang gerak melingkar beraturan 
·        
  Menjelaskan
  dan berdiskusi tentang percepatan sentripetal  
·        
  Menjelaskan
  dan berdiskusi tentang gerak Melingkar berubah
  beraturan  
·         
  Menjelaskan
  dan berdiskusi tentang perioda dan frekuensi gerak
  melingkar | 
·       Membentuk kelompok sesuai dengan anjuran guru 
·       Menyimak demonstrasi guru 
·       Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
  yang dipelajari | 
| 
PENUTUP 
15” | 
·      
  Membantu
  membuat
  kesimpulan 
·      
  Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah 
·      
  Memberikan tugas tidak terstruktur untuk
  mempelajari materi hukum Newton tentang gerak untuk pertemuan berikutnya | 
·      
  Membuat
  dan mencatat kesimpulan 
·      
  Mengerjakan tugas yang diberikan | 
E.    Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1.    Modul Fisika SMK Teknik 1
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2.    Alat sentripetal (beban,
benang, bolpoin kosong, stopwatch)
3.    Job sheet
F.   
Penilaian
| 
TEKNIK PENILAIAN | 
BENTUK INSTRUMEN | 
INSTRUMEN | 
| 
Kognitif         : jawaban tiap orang dalam kelompok. | 
Pilihan ganda | 
Terlampir | 
| 
Psikomotor  : keaktifan dalam menyampaikan gagasan |  |  | 
| 
Afektif             : semangat dalam kerja sama,
  kesungguhan dalam mendengarkan materi        
  dari teman |  |  | 
Malang,
8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah                                                              Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. H. SUPANDI, S.Pd, M.Si                                      M.
ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1
008                                     NIP.19810328
200603 1 013 


 
 










Tidak ada komentar:
Posting Komentar