PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095
Fax (0341) 353798
www.smkn4-mlg.info e-mail :surat@smkn4-mlg.info
No. Dok
|
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
|
Revisi
|
: 2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMKN 4 MALANG
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas : X
Semester :
1 (Satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
2. Memahami
konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.
Memahami gerak melingkar
dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut tetap
|
INDIKATOR
|
Siswa diharapkan dapat:
· Merumuskan gerak melingkar beraturan secara
kuantitatif
· Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal dan
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiskripsikan contoh gerak melingkar beraturan dan
berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari
·
Menggunakan
perumusan kuantitatif gerak melingkar berubah beraturan dalam permasalahan
fisika
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar siswa dapat :
1. Mendefinisikan pengertian gerak melingkar beraturan
2. Menerapkan persamaan gerak
melingkar beraturan dalam perhitungan
3. Mendefinisikan pengertian percepatan sentripetal
4. Menerapkan persamaan percepatan sentripetal dalam perhitungan
5.
Mendefinisikan pengertian gerak melingkar berubah beraturan
6. Menerapkan persamaan gerak
melingkar berubah beraturan dalam perhitungan
B.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
dan ciri – ciri gerak melingkar
2.
Kecepatan
linier dan kecepatan sudut
3.
Percepatan
sentripetal
4.
Gerak
melingkar beraturan
5.
Gerak
melingkar berubah beraturan
6.
Perioda dan frekuensi gerak melingkar
C.
Metode
Pembelajaran
1. Problem base Learning (PBL)
2. Demonstrasi
3. Ceramah bervariasi dengan diskusi
4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHU-LUAN
15”
|
·
Memberikan pertanyaan tentang gerak melingkar dan
contohnya
·
Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
|
·
Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan
pengetahuan mereka sendiri
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
50”
|
·
Mengajak siswa untuk membuat
kelompok diskusi
·
Mendemonstrasikan gerak melingkar
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang pengertian gerak melingkar
·
Menjelaskan
dan tanya jawab tentang gerak melingkar beraturan
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang percepatan sentripetal
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang gerak Melingkar berubah
beraturan
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang perioda dan frekuensi gerak
melingkar
|
· Membentuk kelompok sesuai dengan anjuran guru
· Menyimak demonstrasi guru
· Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
yang dipelajari
|
PENUTUP
15”
|
·
Membantu
membuat
kesimpulan
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·
Memberikan tugas tidak terstruktur untuk
mempelajari materi hukum Newton tentang gerak untuk pertemuan berikutnya
|
·
Membuat
dan mencatat kesimpulan
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Modul Fisika SMK Teknik 1
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2. Alat sentripetal (beban,
benang, bolpoin kosong, stopwatch)
3. Job sheet
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Kognitif : jawaban tiap orang dalam kelompok.
|
Pilihan ganda
|
Terlampir
|
Psikomotor : keaktifan dalam menyampaikan gagasan
|
|
|
Afektif : semangat dalam kerja sama,
kesungguhan dalam mendengarkan materi
dari teman
|
|
|
Malang,
8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. H. SUPANDI, S.Pd, M.Si M.
ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1
008 NIP.19810328
200603 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar