Senin, 05 Maret 2012

RPP GRAFIK GLB DAN GLBB


PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095  Fax (0341) 353798
                               www.smkn4-mlg.info     e-mail :surat@smkn4-mlg.info                              
 

No. Dok
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
Revisi
: 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                 : SMKN 4 MALANG
Mata Pelajaran                : FISIKA
Kelas                                : X
Semester                          : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                 : 2  x 40 menit (1 x pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI
2.    Memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
KOMPETENSI DASAR
1.    Memahami gerak melingkar dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut tetap
INDIKATOR
Siswa diharapkan dapat:
·      Menggambarkan grafik antara jarak sebagai fungsi waktu untuk GLB dan GLBB
·      Menggambarkan grafik antara perubahan kecepatan sebagai fungsi waktu untuk GLB dan GLBB
·      Menggambarkan grafik antara percepatan sebagai fungsi waktu untuk GLB dan GLBB
·     Membedakan grafik untuk GLBB dipercepat dan diperlambat

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar siswa dapat :
1.    Melakukan percobaan dengan terampil dan bertanggung jawab
2.    Membaca hasil percobaan dan menuliskannya dalam grafik
3.    Menyimpulkan hasil data yang sudah dimasukkan dalam bentuk grafik

B.   Materi Pembelajaran
1.      Grafik yang menggambarkan jarak sebagai fungsi waktu
2.      Grafik yang mengungkapkan perubahan kecepatan sebagai fungsi waktu
3.      Grafik yang menunjukan percepatan sebagai fungsi waktu

C.   Metode Pembelajaran 
1.    Problem base Learning (PBL)
2.    Demonstrasi
3.    Ceramah bervariasi dengan diskusi
4.    Penugasan

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

ALOKASI WAKTU
KEGIATAN
GURU
SISWA

PENDAHU-LUAN

15”
·         Memberikan pertanyaan tentang grafik gerak lurus beraturan dan GLBB
·         Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
·       Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan pengetahuan mereka sendiri
·       Mendengarkan dan menyimak penjelasan

INTI

50”
·         Mengajak siswa untuk membuat kelompok diskusi
·         Merancang siswa untuk membuat set percobaan gerak lurus
·         Mengajak berdiskusi untuk merancang set percobaan yang benar
·         Membimbing siswa pada tiap-tiap kelompok, disertai dengan memberi pertanyaan atau masukan.
·         Menyuruh siswa menuliskan data pengamatn praktikum
·         Mengubah data pengamatan ke dalam bentuk grafik
·       Membentuk kelompok sesuai dengan anjuran guru
·       Menyimak demonstrasi guru
·       Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi yang dipelajari


PENUTUP

15”
·       Membantu membuat kesimpulan
·       Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·       Memberikan tugas tidak terstruktur untuk mempelajari materi hukum Newton tentang gerak untuk pertemuan berikutnya
·       Membuat dan mencatat kesimpulan
·       Mengerjakan tugas yang diberikan

E.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.    Modul Fisika SMK Teknik 1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2.    LKS
3.    Ticker timer, Stopwatch, Pita kertas, Papan luncur, dan Beban

F.    Penilaian

TEKNIK PENILAIAN
BENTUK INSTRUMEN
INSTRUMEN
Kognitif         : jawaban tiap orang dalam kelompok.
Pilihan ganda
Terlampir
Psikomotor  : keaktifan dalam menyampaikan gagasan


Afektif             : semangat dalam kerja sama, kesungguhan dalam mendengarkan materi         dari teman





Malang, 8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran Fisika




Drs. H. SUPANDI, S.Pd, M.Si                                      M. ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008                                        NIP.19810328 200603 1 013 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar