PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095
Fax (0341) 353798
www.smkn4-mlg.info e-mail :surat@smkn4-mlg.info
No. Dok
|
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
|
Revisi
|
: 2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMKN 4 MALANG
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas : X
Semester :
1 (Satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
2. Memahami
konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami gerak melingkar
dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut tetap
|
INDIKATOR
|
Siswa diharapkan dapat:
·
Menggambarkan grafik antara
jarak sebagai fungsi waktu untuk GLB dan GLBB
·
Menggambarkan grafik antara
perubahan kecepatan sebagai fungsi waktu untuk GLB dan GLBB
·
Menggambarkan grafik antara
percepatan sebagai fungsi waktu untuk GLB dan GLBB
·
Membedakan grafik untuk GLBB
dipercepat dan diperlambat
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar siswa dapat :
1. Melakukan percobaan dengan terampil dan bertanggung
jawab
2. Membaca hasil percobaan dan menuliskannya dalam
grafik
3. Menyimpulkan hasil data yang sudah dimasukkan dalam
bentuk grafik
B.
Materi Pembelajaran
1. Grafik yang menggambarkan jarak sebagai fungsi waktu
2. Grafik yang mengungkapkan perubahan kecepatan sebagai
fungsi waktu
3. Grafik yang menunjukan percepatan sebagai fungsi waktu
C.
Metode
Pembelajaran
1. Problem base Learning (PBL)
2. Demonstrasi
3. Ceramah bervariasi dengan diskusi
4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHU-LUAN
15”
|
·
Memberikan
pertanyaan tentang grafik gerak lurus beraturan dan GLBB
·
Menjelaskan
lingkup materi yang akan dipelajari
|
·
Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan
pengetahuan mereka sendiri
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
50”
|
·
Mengajak siswa untuk membuat
kelompok diskusi
·
Merancang siswa untuk membuat
set percobaan gerak lurus
·
Mengajak berdiskusi untuk
merancang set percobaan yang benar
·
Membimbing siswa pada
tiap-tiap kelompok, disertai dengan memberi pertanyaan atau masukan.
·
Menyuruh siswa menuliskan data
pengamatn praktikum
·
Mengubah data pengamatan ke
dalam bentuk grafik
|
· Membentuk kelompok sesuai dengan anjuran guru
· Menyimak demonstrasi guru
· Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
yang dipelajari
|
PENUTUP
15”
|
·
Membantu
membuat
kesimpulan
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·
Memberikan tugas tidak terstruktur untuk
mempelajari materi hukum Newton tentang gerak untuk pertemuan berikutnya
|
·
Membuat
dan mencatat kesimpulan
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Modul Fisika SMK Teknik 1
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2.
LKS
3.
Ticker timer, Stopwatch, Pita
kertas, Papan luncur, dan Beban
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Kognitif : jawaban tiap orang dalam kelompok.
|
Pilihan ganda
|
Terlampir
|
Psikomotor : keaktifan dalam menyampaikan gagasan
|
|
|
Afektif : semangat dalam kerja sama,
kesungguhan dalam mendengarkan materi
dari teman
|
|
|
Malang,
8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. H.
SUPANDI, S.Pd, M.Si M. ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008 NIP.19810328
200603 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar