Senin, 05 Maret 2012

RPP HUKUM NEWTON


PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095  Fax (0341) 353798
                               www.smkn4-mlg.info     e-mail :surat@smkn4-mlg.info                              
 

No. Dok
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
Revisi
: 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                 : SMKN 4 MALANG
Mata Pelajaran                : FISIKA
Kelas                                : X
Semester                          : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                 : 4  x 40 menit (2 x pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI
2.    Memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
KOMPETENSI DASAR
1.    Memahami hukum Newton dan konsep gaya
INDIKATOR
Siswa diharapkan dapat:
·     Membuktikan Hukum I, II, III  Newton melalui percobaan dan memberikan contoh peristiwanya di dalam kehidupan sehari-hari
·     Mendiskripsikan perpaduan gaya-gaya dengan cara membuat skema
·     Menghitung penjumlahan gaya-gaya melalui persamaan matematis
·     Menganalisis konsep berat sebagai pengaruh dari medan gravitasi bumi melalui diagram fenomena aksi reaksi
·     Membuktikan adanya gaya gesekan yang terjadi di antara dua permukaan melalui percobaan dengan tingkat kekasaran permukaan yang berbeda

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar siswa dapat :
1.    Menjelaskan pengertian gaya
2.    Memadukan gaya secara grafis
3.    Memadukan gaya secara analitis
4.    Menjelaskan pengertian Hukum I, II, III  Newton
5.    Menyebutkan contoh Hukum I, II, III  Newton dalam kehidupan sehari-hari
6.    Menerapkan persamaan Hukum I, II, III  Newton dalam perhitungan
7.    Menjelaskan pengertian berat
8.    Menerapkan persamaan berat dalam perhitungan
9.    Mengaplikasikan gaya gesekan pada peristiwa gerak

B.   Materi Pembelajaran
1.    Gaya penyebab gerakan
2.    Hukum I Newton, resultan gaya nol
3.    Hukum II Newton, ada resultan gaya
4.    Hukum III Newton, aksi da reaksi
5.    Macam – macam gaya : gaya berat, gaya normal, gaya sentripetal, gaya gesek

C.   Metode Pembelajaran 
1.    Problem base Learning (PBL)
2.    Demonstrasi
3.    Ceramah bervariasi dengan diskusi
4.    Penugasan




D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

ALOKASI WAKTU
KEGIATAN
GURU
SISWA

PENDAHU-LUAN

15”
·       Memberikan pertanyaan tentang gaya dan contohnya
·       Memberikan pertanyaan tentang Hukum I, II, III Newton
·       Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
·       Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan pengetahuan mereka sendiri
·       Mendengarkan dan menyimak penjelasan

INTI

50”
·       Mengajak siswa untuk membentuk kelompok belajar
·       Mendemonstrasikan macam-macam gaya
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian gaya
·       Menjelaskan dan tanya jawab tentang perpaduan gaya secara grafis
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang perpaduan gaya secara analitis
·       Mendemonstrasikan contoh-contoh Hukum I, II, III Newton
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian Hukum I, II, III Newton
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang persamaan Hukum I, II, III Newton
·       Menjelaskan dan tanya jawab tentang penerapan Hukum I, II, III Newton dalam perhitungan
·       Membentuk kelompok sesuai dengan petunjuk guru
·       Menyimak demonstrasi guru
·       Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi yang dipelajari


PENUTUP

15”
·       Membantu membuat kesimpulan
·       Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·       Memberikan tugas tidak terstruktur untuk mempelajari materi Berat dan aplikasi Hukum Newton untuk pertemuan berikutnya

·       Membuat dan mencatat kesimpulan
·       Mengerjakan tugas yang diberikan

Pertemuan ke-2

ALOKASI WAKTU
KEGIATAN
GURU
SISWA

PENDAHU-LUAN

15”
·       Memberikan pertanyaan tentang massa dan berat suatu benda
·       Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
·       Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan pengetahuan mereka sendiri
·       Mendengarkan dan menyimak penjelasan

INTI

50”
·       Mendemonstrasikan benda yang jatuh ke bawah
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian berat
·       Menjelaskan dan tanya jawab tentang penerapan persamaan berat dalam perhitungan
·       Menjelaskan dan berdiskusi tentang aplikasi Hukum Newton


·       Menyimak demonstrasi guru
·       Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi yang dipelajari


PENUTUP

15”
·       Membantu membuat kesimpulan
·       Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·       Memberikan tugas tidak terstruktur untuk mempelajari materi Gaya Gesek untuk pertemuan berikutnya

·       Membuat dan mencatat kesimpulan
·       Mengerjakan tugas yang diberikan


E.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.    Modul Fisika SMK Teknik 1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2.    Papan luncur, ticker timer, pita kertas, kertas sablon, kertas grafik.
3.    Job sheet

F.    Penilaian

TEKNIK PENILAIAN
BENTUK INSTRUMEN
INSTRUMEN
Kognitif         : jawaban tiap orang dalam kelompok.
Pilihan ganda
Terlampir
Psikomotor  : keaktifan dalam menyampaikan gagasan


Afektif             : semangat dalam kerja sama, kesungguhan dalam mendengarkan materi         dari teman






Malang, 8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran Fisika





Drs. H. SUPANDI,S.Pd, M.Si                                       M. ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008                                        NIP.19810328 200603 1 013 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar