PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095
Fax (0341) 353798
www.smkn4-mlg.info e-mail :surat@smkn4-mlg.info
No. Dok
|
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
|
Revisi
|
: 2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMKN 4 MALANG
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas : X
Semester :
1 (Satu)
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
2. Memahami
konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami hukum Newton dan konsep
gaya
|
INDIKATOR
|
Siswa diharapkan dapat:
· Membuktikan Hukum I, II, III
Newton melalui percobaan dan memberikan contoh peristiwanya di dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiskripsikan perpaduan gaya-gaya dengan cara membuat skema
· Menghitung penjumlahan gaya-gaya melalui persamaan matematis
· Menganalisis konsep berat sebagai pengaruh dari medan
gravitasi bumi melalui diagram fenomena
aksi reaksi
· Membuktikan adanya gaya gesekan yang terjadi di antara
dua permukaan melalui percobaan dengan tingkat kekasaran permukaan yang
berbeda
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian gaya
2. Memadukan gaya secara grafis
3. Memadukan gaya secara analitis
4.
Menjelaskan pengertian Hukum I, II, III Newton
5. Menyebutkan contoh Hukum I,
II, III Newton dalam kehidupan
sehari-hari
6. Menerapkan persamaan Hukum I, II, III Newton dalam perhitungan
7.
Menjelaskan pengertian berat
8. Menerapkan persamaan berat
dalam perhitungan
9. Mengaplikasikan gaya gesekan pada peristiwa gerak
B.
Materi Pembelajaran
1.
Gaya
penyebab gerakan
2.
Hukum I
Newton, resultan gaya nol
3.
Hukum II
Newton, ada resultan gaya
4.
Hukum III
Newton, aksi da reaksi
5. Macam – macam gaya : gaya berat, gaya
normal, gaya sentripetal, gaya gesek
C.
Metode
Pembelajaran
1. Problem base Learning (PBL)
2. Demonstrasi
3. Ceramah bervariasi dengan diskusi
4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHU-LUAN
15”
|
·
Memberikan pertanyaan tentang gaya dan contohnya
·
Memberikan pertanyaan tentang Hukum I, II, III
Newton
·
Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
|
·
Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan
pengetahuan mereka sendiri
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
50”
|
· Mengajak siswa untuk membentuk kelompok belajar
· Mendemonstrasikan macam-macam gaya
·
Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian gaya
·
Menjelaskan dan tanya jawab tentang perpaduan gaya
secara grafis
· Menjelaskan dan berdiskusi tentang
perpaduan gaya secara analitis
· Mendemonstrasikan contoh-contoh Hukum I, II, III Newton
·
Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian
Hukum I, II, III Newton
·
Menjelaskan dan berdiskusi tentang persamaan Hukum
I, II, III Newton
·
Menjelaskan dan tanya jawab tentang penerapan
Hukum I, II, III Newton dalam perhitungan
|
· Membentuk kelompok sesuai dengan petunjuk guru
· Menyimak demonstrasi guru
· Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
yang dipelajari
|
PENUTUP
15”
|
·
Membantu
membuat
kesimpulan
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·
Memberikan tugas tidak terstruktur untuk
mempelajari materi Berat dan aplikasi
Hukum Newton
untuk pertemuan berikutnya
|
·
Membuat
dan mencatat kesimpulan
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
Pertemuan
ke-2
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHU-LUAN
15”
|
·
Memberikan pertanyaan tentang massa dan berat
suatu benda
·
Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
|
·
Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan
pengetahuan mereka sendiri
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
50”
|
·
Mendemonstrasikan benda yang jatuh ke bawah
·
Menjelaskan dan berdiskusi tentang pengertian
berat
·
Menjelaskan dan tanya jawab tentang penerapan
persamaan berat dalam perhitungan
·
Menjelaskan dan berdiskusi tentang aplikasi Hukum Newton
|
· Menyimak demonstrasi guru
· Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
yang dipelajari
|
PENUTUP
15”
|
·
Membantu
membuat
kesimpulan
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·
Memberikan tugas tidak terstruktur untuk
mempelajari materi Gaya Gesek untuk pertemuan berikutnya
|
·
Membuat
dan mencatat kesimpulan
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Modul Fisika SMK Teknik 1
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2. Papan luncur, ticker timer, pita kertas, kertas
sablon, kertas grafik.
3. Job sheet
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Kognitif : jawaban tiap orang dalam kelompok.
|
Pilihan ganda
|
Terlampir
|
Psikomotor : keaktifan dalam menyampaikan gagasan
|
|
|
Afektif : semangat dalam kerja sama,
kesungguhan dalam mendengarkan materi
dari teman
|
|
|
Malang,
8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. H. SUPANDI,S.Pd, M.Si M.
ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008 NIP.19810328
200603 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar