Photobucket
Photobucket

Senin, 05 Maret 2012

RPP CONTOH GLBB


PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095  Fax (0341) 353798
                               www.smkn4-mlg.info     e-mail :surat@smkn4-mlg.info                              
 

No. Dok
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
Revisi
: 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                 : SMKN 4 MALANG
Mata Pelajaran                : FISIKA
Kelas                                : X
Semester                          : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                 : 2  x 40 menit (1 x pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI
1.    Memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
KOMPETENSI DASAR
5.    Menerapkan hukum Newton untuk gerak lurus berubah beraturan
INDIKATOR
Siswa diharapkan dapat:
·     Menganalisis gerak jatuh bebas beserta penyelesaiannya dalam permasalahan fisika
·     Menguraikan gaya-gaya yang ada pada bidang miring dan menjelaskannya
·     Menjelaskan tentang gerak parabola
·     Menjelaskan tentang gerak pada permukaan bidang yang kasar

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar siswa dapat :
1.    Menganalisis gerak jatuh bebas
2.    Menghitung besaran pada gerak jatuh bebas
3.    Menguraikan gaya-gaya pada bidang miring
4.    Menjelaskan tentang perpaduan gerak
5.    Menerapkan persamaan gaya gesek pada bidang datar dalam perhitungan
6.    Menerapkan persamaan gaya gesek pada bidang miring dalam perhitungan

B.   Materi Pembelajaran  
1.    Gerak jatuh bebas
2.    Gerak pada bidang miring
3.    Gerak parabola
4.    Gerak pada permukaan kasar

C.   Metode Pembelajaran 
1.    Problem Base Learning (PBL)
2.    Demonstrasi
3.    Ceramah bervariasi dengan diskusi
4.    Penugasan

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


ALOKASI WAKTU
KEGIATAN
GURU
SISWA

PENDAHU-LUAN

15”
·       Memberikan pertanyaan tentang gaya gesek dan contohnya
·       Memberikan pertanyaan tentang gaya gesek pada bidang miring
·       Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
·       Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan pengetahuan mereka sendiri
·       Mendengarkan dan menyimak penjelasan


INTI

50”
·         Mendemonstrasikan contoh berbagai macam gerak
·         Menjelaskan dan berdiskusi tentang gerak jatuh bebas
·         Menjelaskan dan berdiskusi tentang penerapan gerak pada bidang miring beserta  perhitungannya
·         Menjelaskan dan berdiskusi tentang gerak parabola beserta penerapannya.
·         Mendemonstrasikan gaya gesek pada bidang miring
·         Menjelaskan dan tanya jawab tentang penerapan gaya gesek pada bidang miring dalam perhitungan
·       Menyimak demonstrasi guru
·       Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi yang dipelajari


PENUTUP

15”
·       Membantu membuat kesimpulan
·       Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·       Memberikan tugas tidak terstruktur untuk mempelajari materi usaha dan daya  untuk pertemuan berikutnya
·       Membuat dan mencatat kesimpulan
·       Mengerjakan tugas yang diberikan

E.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.    Modul Fisika SMK Teknik 1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2.    Bola, mobil-mobilan, atau benda-benda yang dapat bergerak
3.    Job sheet

F.    Penilaian

TEKNIK PENILAIAN
BENTUK INSTRUMEN
INSTRUMEN
Kognitif         : jawaban tiap orang dalam kelompok.
Pilihan ganda
Terlampir
Psikomotor  : keaktifan dalam menyampaikan gagasan


Afektif             : semangat dalam kerja sama, kesungguhan dalam mendengarkan materi         dari teman





Malang, 8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran Fisika





Drs. H. SUPANDI, S.Pd, M.Si                                      M. ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1 008                                     NIP.19810328 200603 1 013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar