PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095
Fax (0341) 353798
www.smkn4-mlg.info e-mail :surat@smkn4-mlg.info
No. Dok
|
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
|
Revisi
|
: 2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMKN 4 MALANG
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas : X
Semester :
1 (Satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 x
pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
3.
Menerapkan konsep usaha, energi dan daya
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
konsep usaha, energi dan daya
|
INDIKATOR
|
Siswa diharapkan dapat:
·
Membuktikan persamaan
matematis konsep usaha sebagai hasil kali gaya dan perpindahan
·
Menghitung dengan menggunakan
rumus bahwa usaha yang dilakukan sama dengan perubahan energi kinetik pada
benda
·
Mengetahui jenis-jenis satuan
usaha dan energi
·
Membedakan energi potensial
dan energi kinetik
· Membandingkan secara kuantitatif energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik
· Mendefinisikan pengertian daya beserta satuannya.
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar siswa dapat :
1. Mendefinisikan pengertian usaha
2. Menerapkan persamaan usaha
dalam perhitungan
3. Mendefinisikan pengertian energi kinetik
4. Menerapkan persamaan energi
kinetik dalam perhitungan
5. Menentukan hubungan antara
usaha dengan energi kinetik
6.
Mendefinisikan pengertian energi
potensial gravitasi
7. Menerapkan persamaan energi
potensial gravitasi dalam perhitungan
8. Mendefinisikan pengertian energi potensial pegas
9. Menerapkan persamaan energi
potensial pegas dalam perhitungan
10. Membandingkan energi potensial
gravitasi dengan energi potensial pegas
B.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
usaha dan energi
2.
Usaha
sebagai perubahan energi
3.
Satuan
usaha dan energi
4.
Energi
potensial dan energi kinetik
5.
Definisi daya dan satuannya
C.
Metode
Pembelajaran
1. Problem Base Learning (PBL)
2. Demonstrasi
3. Ceramah bervariasi dengan diskusi
4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHULUAN
15”
|
·
Memberikan pertanyaan tentang Usaha dan Energi beserta contohnya
·
Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
|
·
Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan
pengetahuan mereka sendiri
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
90”
|
·
Membagi siswa dalam beberapa
kelompok belajar
·
Mendemonstrasikan contoh usaha
dan energi dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang penerapan persamaan
usaha dalam perhitungan
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang penerapan persamaan
energi kinetik dalam perhitungan
·
Menjelaskan
dan tanya jawab tentang hubungan antara usaha dan energi kinetik
·
Mendemonstrasikan
contoh-contoh peristiwa yang berhubungan dengan energi potensial
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang pengertian energi potensial gravitasi
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang persamaan energi potensial gravitasi
·
Menjelaskan
dan tanya jawab tentang penerapan energi potensial gravitasi dalam
perhitungan
·
Menjelaskan
dan tanya jawab tentang perbandingan antara usaha dan energi kinetik
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang daya beserta satuannya
|
· Membentuk kelompok belajar sesuai dengan petunjuk
guru
· Menyimak demonstrasi guru
· Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
yang dipelajari
|
PENUTUP
30”
|
·
Membantu
membuat
kesimpulan
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
·
Memberikan tugas tidak terstruktur untuk
mempelajari materi Energi Mekanik dan
untuk pertemuan berikutnya
|
·
Membuat
dan mencatat kesimpulan
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Modul Fisika SMK Teknik 1
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2. Animasi lewat LCD, benda sederhana (buku, meja,
tembok)
3. Job sheet
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Kognitif : jawaban tiap orang dalam kelompok.
|
Pilihan ganda
|
Terlampir
|
Psikomotor : keaktifan dalam menyampaikan gagasan
|
|
|
Afektif : semangat dalam kerja sama,
kesungguhan dalam mendengarkan materi
dari teman
|
|
|
Malang,
8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. H. SUPANDI, S.Pd, M.Si M.
ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1
008 NIP.19810328
200603 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar