RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
|
Kode KD : 4.1
|
Nama Sekolah : SMK N 4 MALANG
Mata Pelajaran :
FISIKA
Kelas :
X
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit (1 x pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
Menginterpretasikan listrik statis dan dinamis
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menguasai hukum listrik statis
|
INDIKATOR
|
1.
Jenis dan interaksi
muatan listrik statis di demonstrasikan
2.
Hukum Coulomb
diformulasikan
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar mengajar siswa dapat :
1. Menyebutkan jenis-jenis muatan listrik
2.
Menjelaskan
sifat muatan listrik
3. Menyebutkan bunyi hukum Coulomb
4. Menerapkan persamaan hukum Coulomb
dalam perhitungan
B.
Materi Pembelajaran
1.
Muatan
Listrik
2.
Hukum
Coulomb
( Materi ada dalam Software Pesona Fisika )
C.
Metode Pembelajaran
1.
Media
Virtual (Pesona Fisika)
2.
Ceramah
bervariasi dengan diskusi
3.
Problem Solving
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan Awal ( 15 menit )
1.
Memeriksa
kesiapan siswa dan memastikan semua siswa
menghadapi 1 komputer/laptop yang sudah terhubung dalam jaringan
2.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
3.
Memberikan
contoh fenomena adanya listrik
II. Kegiatan Inti ( 60 menit )
1.
Siswa
diajak untuk meng – EKSPLORASI Software
Pesona Fisika yang sudah terinstal dalam jaringan komputer, kemudian dilakukan
kompilasi informasi.
2.
Siswa
diajak untuk mengamati / memperhatikan / menemukan konsepsi yang ada dalam
Media Virtual “PESONA FISIKA” kemudian Siswa diajak untuk diskusikan informasi
yang didapat.
Informasi yang
didapat diformulasikan menjadi sebuah konsep dasar, jika terjadi kesimpulan
yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku maka guru meluruskan secara tepat /
mengarahkan ke standar kompetensi yang dipersyaratkan.
Konsepsi diberikan
dalam 2 penyampaian :
a.
Siswa
mencari dan menyimpulkan sendiri, guru memberikan koreksi dan penguatan pada
penemuan siswa
b.
Pemberian informasi oleh
guru, jika ada informasi konsep atau prinsip yang belum teramati oleh siswa.
3. Tanya jawab untuk meneliti/menguji tingkat penyerapan siswa terhadap materi
yang sedang dibahas.
4. Siswa menuliskan konsep dasar dan hukum
listrik statis
III. Kegiatan Penutup
1.
Mengulang
kembali semua konsep, prinsip dan hukum yang telah dibicarakan sesuai dengan
kontens materi fisika tentang Hukum Listrik Statis
2.
Guru
memberikan tugas terstruktur (LKS) berupa tugas individual untuk dikerjakan di
luar jam pelajaran (PR)
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1.
Software Pesona Fisika
2.
LKS
3.
LCD
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Tertulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
Malang, 19 Juli 2007
Pengajar,
M. ASROFI
NIP...........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar