NASKAH SOAL
1.
Berdasarkan
Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014,
untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan
adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan
melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah
ini, kecuali .....:
a.
ICT
Sebagai Substansi Pendidikan,
b.
Alat
Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
c.
Standar
Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
d.
Alat
Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.
e.
Pengembangan
bakat dan daya kreatifitas siswa
|
2.
Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk
berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun
meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima
surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran
berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini,
pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan
menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....
a.
Teleconverence
b.
Email
c.
Website
d.
Chatting
e.
Browsing
|
3.
Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan
dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam;
belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan,
dan sumber belajar lainnya; melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan
disebut kegiatan...............
a.
Elaborasi
b.
Eksplorasi
c.
Konfirmasi
d.
Browsing
e.
Contextual teaching learning
|
4. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan
elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
a.
Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupunhadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
b.
Menfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta
didik.
c.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
d.
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
e.
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
|
5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun
dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran
yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ....
a.
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik
untuk merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3.respons peserta didik untuk merespons; 4.
reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b.
reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis
peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada
peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c.
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik
untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap
respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d.
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk
merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan
kondisi psilogis peserta didik.
e.
1. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2.
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 3. respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap
respons peserta didik.
|
6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa
dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu
pada....
a.
Metode pembelajaran
b.
Pendekatan pembelajaran
c.
Strategi pembelajaran
d.
Gaya pembelajaran
e.
Kemampuan belajar
|
7.
Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh
faktor-gaktor di bawah ini ….
a.
Intake Siswa
b.
Tingkat kesulitan
c.
Sarana pendukung
d.
Bakat dan Minat siswa
e.
Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
|
8.
Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a.
fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b.
fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c.
fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
d.
fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
e.
konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
|
9.
Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu
pada rumusan….
a.
kompetensi dasar
b.
standar kompetensi
c.
indikator
d.
metode pembelajaran
e.
sumber belajar
|
10.
Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang
menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1.
potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan
karakteristik daerah
2.
tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan
spiritual peserta didik
3.
kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas,
kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4.
kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5.
relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan
alokasi waktu
6.
dana yang tersedia
Dalam
mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan
antara lain nomor….
a.
1, 2, 3, 4
b.
2, 3, 5, 6
c.
1, 2, 3, 5
d.
1, 2, 4, 5
e.
3, 4, 5, 6
|
11.
Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a.
menentukan kriteria keberhasilan belajar
b.
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c.
mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria
keberhasilan yang diharapkan
d.
merencanakan pengajaran remidi
e.
mengadakan tes remidi
|
12.
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan
belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a.
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang
berbeda
b.
memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c.
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat
variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d.
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
e.
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang
berbeda
|
13. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil
belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.
Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa
hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
b.
Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian,
sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c.
Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan
pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d.
Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan
pengayaan
e.
Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
|
14.
Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik
melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
a.
mengukur ketuntasan peserta didik
b.
mengukur efektivitas proses pembelajaran
c.
mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
d.
menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
e.
mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
|
15.
Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
a.
Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b.
Permendiknas RI Nomor
20 tahun 2007
c.
Permendiknas RI Nomor 41 tagun
2007
d.
Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e.
Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
|
16.
Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru
dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah
psikomotor guru menggunakan….
a.
soal pilihan ganda
b.
soal jawaban singkat
c.
soal uraian objektif
d.
kriteria
e.
tes performance
|
17.
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a.
memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik
b.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan
akhir semester tiap peserta didik
c.
mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang
telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu
album sebagai bukti hasil belajar
d.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta
didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan
tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
e.
mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar
dan hasil ulangan tiap peserta didik
|
18.
Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar, harus memperhatikan….
a.
substansi, konstruksi, bahasa
b.
substansi, konstruksi, validitas, skor
c.
substansi, bahasa konstruksi, skor
d.
substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e.
substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
|
19.
Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a.
Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal,
penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b.
Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal,
perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c.
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan
norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
d.
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan
berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan instrument
penilaian
e.
Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek,
portofolio
|
20.
Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan
untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil
belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk
penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas,
ujian sekolah
c.
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai
pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa
memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d.
Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan
ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e.
Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan
akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
|
21.
Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek….
a.
kepribadian, kognitif, afektif
b.
kognitif, kepribadian, psikomotor
c.
afektif, kognitif, mental
d.
kognitif, psikomotor, afektif
e.
psikomotor, kognitif, minat
|
22.
Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk
merefleksikan pengalaman belajar yang
telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….
a.
guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b.
guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat
penelusuran saat pembelajaran berlangsung
c.
guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang
dihadapi siswa dalam belajar
d.
guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan
siswa dalam belajar
|
23.
Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan
dengan cara…..
a.
memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil
kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b.
memberikan pre test
maupun pos test secara tertulis
setiap kali proses pembelajaran
c.
mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d.
mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada
siswa
e.
mengadakan ulangan tengah semester dan akhir semester
|
24.
Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian.
Prinsip-prinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….
a.
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh,
terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
b.
terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan
efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma
c.
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan
efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh
d.
terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan
efisien, terpadu, berkesinambungan, adil
e.
sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna,
menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan acuan
kriteria, akuntabel
|
26.
Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal
yang harus dilakukan adalah :
a.
Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang
digunakan
b.
Menyusun kriteria penilaian,
lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
c.
Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang
terdapat dalam silabus.
d.
Menentukan metode pembela-jaran yang akan
digunakan
e.
Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan
digunakan ( terdapat pada
silabus yang telah disusun)
|
27.
Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal
yang perlu diperhatikan adalah :
a.
Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk
pertemuan yang telah ditetapkan
b.
SK, KD, dan Indikator yang
akan digunakan ( terdapat
pada silabus yang telah disusun)
c.
Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
d.
Kriteria penilaian, lembar pengamatan,
contoh soal, teknik penskoran
e.
Identifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang
terdapat dalam silabus
|
28.
Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata
pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah
:
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
|
29.
Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada
setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c.
Standar Kompetensi Mata
Pelajaran
d. Kompetensi
e. Standar Kompetensi Lulusan
|
30. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut
ini, KECUALI ..
a. Memandang penilaian dan kegiatan
pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran
b. Mengembangkan
tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan nyata
c. Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong
dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri
d.
Melakukan
berbagai strategi penilaian di dalam program
pembelelajaran untuk
menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar
e.
Melakukan
penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD
|
31.
Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model
building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning),
memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan
(predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil
kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with
retrieval)
b. Memproses (processing):
c.
Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang
Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa
mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
|
32.
Dalam mengembangkan
indikator hendaknya :
a.
Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat
kesulitan materi
b.
Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam
mata pelajaran;
c.
Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata
pelajaran.
d.
Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata
pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja
operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi
e.
Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk
kegiatan pembelajaran.
|
33.
Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan
(explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen
(experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk
Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
b. Memproses (processing):
c. Menerapkan dan Mengevaluasi
d. Perilaku yang Kreatif
e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan
/keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)
|
34.
Dalam menentukan
materi pokok (lesson content)
hendaknya mencakup sebagai berikut :
a.
Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta,
konsep, prinsip, dan prosedur yang
harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan
kompetensi dasar.
b.
Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik
pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi
dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk
menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
c.
Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau
dinilai.
d.
Berisi alokasi waktu yang
diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.
e.
Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar
lainnya.
|
35.
Dalam
mengidentifikasi materi
pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi
dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI
a.
Potensi peserta didik;
b.
Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual
peserta didik ;
c.
Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;
d.
Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;
e.
Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan,
khususnya dunia kerja;
|
36. Kurikulum dikembangkan
berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk
mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip
pengembangan kurikulum :
a.
Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b.
Relevan dengan
kebutuhan kehidupan
c.
Menyeluruh dan
berkesinambungan
d.
Beragam dan terpadu
e.
Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
|
37.
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku
kepentingan (stakeholders) untuk
menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di
dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan
prinsip pengembangan kurikulum :
a.
Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b.
Relevan
dengan kebutuhan kehidupan
c.
Menyeluruh dan
berkesinambungan
d.
Beragam dan terpadu
e.
Berpusat pada
potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
|
38.
Dalam menentukan
tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI
a.
Tujuan khusus pembelajaran (objective)
yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.
b.
Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan
dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan
pembelajaran( learner oriented).
c.
Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif,
psikomotorik, maupun afektif.
d.
Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan
kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).
e.
Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang
relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
|
39. Merumuskan tujuan
pembelajaran dilakukan
a. Setelah
menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada
silabus yang telah disusun
b. Setelah
mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang
terdapat dalam silabus.
c. Setelah menentukan metode
pembela-jaran yang akan digunakan
d. Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari
kegiatan awal, inti, dan akhir.
e. Setelah menentukan
alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
|
40. Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan hal
berikut, KECUALI ………..
a.
Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang memungkinkan
siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.
Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat
siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan
sikap yang harus dikuasai (student
centered learning).
c.
Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran
kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran
individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.
d.
Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip,
prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
e.
Tentukan rencana kegiatan yang perlu dilakukan guru (menyiapkan,
memotivasi dan menarik perhatian
siswa, manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif maupun
simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan prinsip
perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan
tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
|
41.
Guru profesional dituntut memahami
karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal
ini merupakan implementasi dari:
a.
Kompetensi Kepribadian
b.
Kompetensi Profesinal
c.
Kompetensi Pardagogik
d.
Kompetensi Sosial
e.
Kompetensi Akademik
|
42.
Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah .....
a.
Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.
b.
Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.
c.
Melakukan kegiatan pre test
d.
Melakukan post test.
e.
Melakukan ulangan harian dadakan
atau spontanitas.
|
43.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1. Hindari saran
dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.
2. Ciptakan
situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.
3. Jatuhkan
hukuman dan sanksi yang berat atas
kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.
4. Berikan
penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi
kesulitan belajar siswa yang memiliki
motivasi dan minat belajar rendah,
adalah pernyataan :
a.
1 dan 2
b.
1 dan 3
c.
2 dan 3
d.
3 dan 4
e.
1 dan 4
|
44.
Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan
minimal setiap KD harus memperhatikan
Intake Siswa.
Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk
menentukan Intake siswa adalah .......
a.
Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.
b.
Nilai rapor kelas sebelumnya.
c.
Tes seleksi masuk atau hasil tes
psikologis.
d.
Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.
e.
Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua
|
45. Pak Dedi
menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata
disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk
mengatasi kesulitan belajar tersebut
adalah....
a.
Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan
aspirasinya secara rasional.
b.
Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah
terhadap prestasi belajar
c.
Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.
d.
Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau
memperoleh sukses dalam belajar.
e.
Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.
|
46. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang
dialami siswa
2. Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum
terbatas/rendah
3. Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.
4. Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang
bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan....
a.
1 dan 2
b.
1 dan 3
c.
2 dan 3
d.
3 dan 4
e.
4 dan 2
|
47. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi
sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri
melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi
....
a.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.
b.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif,
prestasi
c.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan
ekonomis.
d.
Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.
e.
Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.
|
48.Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara
optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan
Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.
Dalam KTSP
kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4
hal ialah :
a.
Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.
b.
Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.
c.
Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar
d.
Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan
belajar.
e.
Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.
|
49. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang
sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep
relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep
awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .
a.
siklus belajar
b.
peta konsep
c.
pembelajaran konsep
d.
struktur kognitif
e.
pemrosesan informasI
|
50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model
konstruktivis dalam mengajar?
a.
Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.
b.
Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.
c.
Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.
d.
Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu*.
e.
Menjelaskan suatu konsep secara detail.
|
51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang
bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran
tersebut adalah . . .
a.
membangkitkan minat siswa
b.
merangsang siswa lebih aktif belajar
c.
memberi kesempatan siswa berkreasi
d.
membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan
e.
menantang siswa untuk selalu belajar
|
52. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan
. . .
a.
standar kompetensi.
b.
kompetensi dasar
c.
materi pembelajaran.
d.
strategi pembelajaran.
e.
metode pembelajaran.
|
53. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang
rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran
bahasa?
a.
Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.
b.
Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang
menyenangkan.
c.
Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.
d.
Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang
hendak dicapai dalam pembelajaran
e.
Sangat tidak setuju karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti
pembalajaran.
|
|
54.
KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai
kegiatan pengembangan profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..
a.
Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan
profesi, adalah dilakukannya kegiatan
nyata di kelasnya. Dan ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan
hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru, melakukan kegiatan seperti
itu, sudah biasa dilakukan
b.
Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah
ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan
profesinya.
c.
Kegiatan PTK dapat berupa
pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak
untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji
atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.
d.
Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam praktik
pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung
pelaksanaan KBK) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam proses
pembelajaran.
e.
Sebagian besar guru yang telah mencapai golongan IV/a ke
atas
|
55.
Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….
a.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
b.
Permendikan Nomor 22 Tahun 2006
c.
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
d.
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007
e.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
|
56.
Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan
belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a.
Behaviorisme
b.
Cognitivisme
c.
Behavionisme dan Cognitivisme
d.
Semua benar
|
57.
Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan peta
konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru
tersebut menerapkan teori :
a.
Behaviorsme
b.
Dognitivisme
c.
Behavionisme dan dognitivisme
d.
Konstruktivisme
|
58.
Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu
berdasarkan pengalaman
sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh
a.
Behavioris
b.
Kognitivis
c.
Kognitivis Behavior
d.
Konstruktivisme
|
59.
Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran
a.
Perilaku guru sebagai panutan digugu dan
ditiru
b.
Guru sebagai sumber ilmu
c.
Keputusan tindakan memerlukan jenis dan kreativitas
belajar siswa
d.
Tanpa guru proses belajar siswa terganggu
|
60.
Pemahaman teori belajar penting untuk dipakai
a.
Menambah wawasan modul pembelajaran
b.
Sebagai bahan penunjang pembelajaran
c.
Dasar pengembangan model pembelajaran
d.
Sebagai acuan untuk memilih media
|
61.
Learning dalam behaviorisme menekankan adanya :
a.
Perubahan perilaku
b.
Interaksi terus-menerus
c.
Pemaknaan informasi baru
d.
Perubahan pengetahuan
|
62.
Menurut konstruktivisme, pengetahuan tentang :
a.
Hasil dari interaksi dan paradigma Stimulus – Respons
b.
Hasil konstruksi yang dibangun sendiri oleh
pembelajar
c.
Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
d.
Hasil temuan mata aturan yang menjadi sumbernya
|
63.
Praktek proses sangat cocok untuk matpel
a.
Ketrampilan
b.
Sains
c.
Sastra
d.
Ilmu sosial
|
64.
Tidak termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian
seorang guru adalah bicara santun namun efektif..
a.
Kepada murid dan sejawat
b.
Kepada KS maupun orang lain
c.
Dalam rapat guru maupun di kelas
d.
Komunikasi dalam penelitian
|
65.
Tidak termasuk dalam komponen mengajar seorang guru,
adalah kemampuan ...
a.
Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
b.
Menggunakan/memanfaatkan media pembelajaran
c.
Berkomunikasi secara santun namun efektif
dengan murid dan pengawas
d.
Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh saat ulangan
|
66.
Seorang guru berencana membeli
dan membaca buku tentang asesment pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan
keinginan guru mengembangkan ciri:
a.
Kompetensi
pedagogic
b.
Kompetensi
sosial
c.
Kompetensi
kepribadian
d.
Kompetensi
professional
|
67.
Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan
ranah:
a.
Kompetensi
sosial
b.
Kompetensi
kepribadian
c.
Kompetensi
profesional
d.
Kompetensi
pedagogic
|
68.
Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang,
melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut
merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
a.
Kompetensi
sosial dan pedagogic
b.
Kompetensi
profesional dan pedagogic
c.
Kompetensi
kepribadian dan profesional
d.
Kompetensi
kepribadian dan social
|
69.
Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :
a.
RPP merupakan
bagian dari administrasi sekolah
b.
Proses
pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan
c.
RPP merupakan
bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi
d.
Proses pembelajaran merupakan proses yang harus
didokumentasi
|
70.
Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di
kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam
rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
a. Kompetensi profesional
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi sosial
d. Kompetensi pedagogic
|
71.
Paikem adalah pembelajaran yang :
a.
Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan
menyenangkan
b.
Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan
c.
Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
d.
Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan
|
72.
Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan
a.
Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
b.
Masalah tiap-tiap kelompok beda dari tiap-tiap kelompok
c.
Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok
d.
Masalah dari tiap-tiap kelompok secara
mendalam
|
73.
Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk
memberi jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan
a.
Brain storming
b.
Concept mapping
c.
Quickstioning
d.
Role playing
|
74.
Problem salving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan
siswa dalam hal :
a.
Individual thinking
b.
Direct thinking
c.
Critical thinking
d.
Personal thinking Pemilihan
|
75.
Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan
a.
Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau
pokok bahasan
b.
Teori yang dipahami guru
c.
Keinginan dan putusan bersama
d.
Tersedianya waktu dan dana yang ada
|
76.
Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a.
Kerja sama
mencapai tujuan
b.
Kemampuan
kerja individu
c.
Saling interaksi
d.
Saling
tergantung tapi saling memberi:
|
77.
Memilih media, mempertimbangkan
a.
Kesesuaian media dengan tujuan, materi
dan perkembangan siswa
b.
Kecanggihan
media
c.
Keseuaian media
dengan paradigma pembelajaran
d.
Kelengkapan dan
kualitas media
|
78.
Guru menggunakan media dalam mengajar karena
a.
Tuntutan
kurikulum
b.
Anjuran KS
c.
Media
membatu siswa agar lebih mudah memahami
d.
Keberadaan media
mengurangi beban tugas guru
|
79.
Penggunaan Media efektif bila
a.
Dapat membantu
guru mempercepat materi
b.
Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
c.
Dapat
meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa
d.
Dapat
menyelesaikan materi ajar melebihi target
|
80.
Keuntungan media di buat guru, kecuali:
a.
Sesuai dengan
tingkat/karakteristik belajar
b.
Sesuai dengan
tingkat tujuan yang dicapai
c.
Sesuai
dengan tingkat karakteristik guru
d.
Sesuai dengan
materi yang disajikan
|
81.
Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5
kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini
berkaitan dengan kriteria …
a.
Kesesuaian
b.
Tingkat
kesulitan
c.
Ketersediaan
d.
Kualitas teknis
|
82.
Media yang kita gunakan di kelas hndaknya memiliki tingkat kejelasan
bagi
siswa
termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan
kriteria
:
a.
Kesesuaian
b.
tingkat
kesulitan
c.
ketersediaan
d.
kualitas
teknis
|
83.
Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah
:
a.
kemampuan siswa memahami materi
b. keaktifan
siswa belajar di kelas
c. keaktifan siswa menulis
karangan
d. ketrampilan siswa menulis paparan / cerita
|
84.
Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
a.
kemampuan memahami materi
b.
siswa mengerjakan tugas
c. kerajinan
dan kreatifitas siswa
d. hasil belajar siswa secara keseluruhan
|
85.
Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..
a.
Berhitung (matematika)
b.
Memecahkan masalah
c.
Melakukan percobaan
d.
Membuat karya tulis
|
86.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas,
seorang guru melakukan kegiatan berikut
1.Menganalisis hasil ujian
siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas
2.Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih metode mengajar
yang berbeda untuk kedua kelompok.
3.Melakukan refleksi
terhadap kelemahan metode yang digunakan dan memperbarui pada pelajaran
berikutnya
4. Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang
menjalani remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas
adalah :
a.
1, 2,
3
b.
1 dan 2
c.
2 dan 4
d.
1, 2, 3 dan 4
|
87.
Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan
hidup ( life skill) bagi anak didik
adalah ……………
a.
mempresentasikan hasil diskusi
b. membuat karya
tulis
c. membuat
model
d. kerjasama
dengan kelompok.
|
88.
Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan :
a. kompetensi dasar,
indikator, dan materi ajar dan SKBM.
b. kesesuaian dengan materi ajar, soal harus
mengukur tingkat pemahaman siswa
terhadap materi yang diajarkan.
c. Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian
rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar ketuntasan belajar minimal
(SKBM)
d. Analisis hasil evaluasi tdk harus
dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian pada materi
selanjutnya
|
89.
Pernyataan berikut yang benar tentang assesment adalah :
a. proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt
pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.
b. proses
pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka
ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan.
c. melakukan penilaian kemampuan siswa
menerima pelajaran
d. proses
penilaian tkt kecerdasan siswa.
|
90.
Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah
yang :
a. disajikan dalam bentuk artikel atau
makalah
b. ditulis berdasarkan bukan hasil riset
c. kajian ilmiah yang ditulis dari hasil
riset
d. berupa
kajian teoritis
|
91.
Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut..................
a.
Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi
b.
Refleksi - Perencanaan - Observasi – Pelaksanaan
c.
Observasi - Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi
d.
Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi –
Refleksi
|
92.
Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?
a.
PTK harus mampu
menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar telah dilakukan oleh guru
yang bersangkutan.
b.
PTK yang dilakukan benar-benar
mempunyai manfaat.
c.
PTK harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah
d.
KTI guru hendaknya berkaitan dengan matapelajarannya
dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar
di kelasnya.
e.
Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
|
93.
PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya...
a.
Nilai percakapan belum meningkat
b.
Terkait dengan permasalahan pada konteks
sesungguhnya pada waktu melaksanakan PBM dalam kelas
c.
Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada
waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas
d.
Terkait dengan permasalahan pada kontk sesungguhnya
pada waktu di luar jam pelajaran
|
94.
Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan
kinerja siswa dengan berbagai alat dikenal sebagai :
a.
Authentic
material
b.
Authentic
learning
c.
Authentic
assessment
d.
Authentic data
|
95.
Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik
tampak dalam kegiatan guru….
a.
membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai
peserta remedial
b.
menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan
memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar peserta didik
c.
menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali
dengan rancangan yang ada
d.
merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
e.
menggunakan rancangan
pembelajaran berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik
|
96.
Standar nasional pendidikan yang berkaitan
dengan perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan,
kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan
efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut .....................
a.
Standar Proses;
b.
Standar Kompetensi Lulusan;
c.
Standar Sarana Dan Prasarana;
d.
Standar Pengelolaan;
e.
Standar Penilaian Pendidikan
|
97.
Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah terdiri atas:
a.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;
b.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan
c.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah
d.
Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat
e.
Jawaban A, B dan C Benar
|
98.
“Mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat
tersebut adalah ...................
A.
Fungsi dan tujuan pendidikan
nasional
B.
Fungsi pendidikan nasional
C.
Tujuan pendidikan nasional
D. Sasaran
pendidikan nasional
E.
Arah kebijakan pembangunan nacional
|
99.
Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam
...................
a.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b.
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007
c.
Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
d.
Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
e.
Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005
|
100.
Memahami
peserta didik secara mendalam
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
101.
Seorang guru mampu Mampu merancang pembelajaran,
memahami landasan pendidikan
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
102.
Seorang guru mampu
Mampu melaksanakan pembelajaran
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
103.
Seorang guru mampu Mampu merancang dan melaksanakan
evaluasi pembelajaran
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
104.
Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Kewirausahaan
|
105.
Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang
terkait bidang studi
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Supervisi
|
106.
Seorang guru mampu
Menguasai struktur dan metode keilmuan
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
107.
Seorang guru mampu
Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
108.
Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang arif
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
109.
Seorang guru mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif
dengan peserta didik
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
110.
Seorang guru mampu
berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya,
termasuk……..
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Kepribadian
C.
Kompetensi Professional
D.
Kompetensi Sosial
E.
Kompetensi Manajerial
|
112.
Manfaat Penetian
Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2)
menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan
perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan
partisipatif, kecuali .......
A.
meningkatkan
proses belajar mengajar
B.
menggunakan
rancangan yang bersifat siklus
C.
mencakup proses
refleksi
D.
menggunakan
metodelogi terbaru
113.
Prinsip yang
paling penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah .......
A.
komitmen
guru sebagai pengajar tidak terganggu
B.
metodologi tepat
C.
penggumpulan data
sederhana
D.
laporan sederhana
114.
Penelitihan
Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu
.......
A.
perencanaan,
tindakan, pengamatan, refleksi
B.
perencanaan,
penerapan, evaluasi, refleksi
C.
perencanaan,
tindakan, refleksi, evluasi
D.
evaluasi,
perencanaan, tindakan, refleksi
115.
Penelitian Tindakan kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai berikut,
kecuali .......
A.
didasarkan pada
masalah yang dihadapi oleh guru
B.
kolaborasi dalam
pelaksanaannya
C.
bertujuan
memperbaiki
D.
dilaksanakan
dalam satu siklus
116.
Dalam penetian
tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ......
A.
reliabel
dan tidak mengganggu proses pembelajaran
B.
menggunakan waktu
lama
C.
bervariasi
D.
sederhana
117.
Di bawah ini
adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan tindakan, kecuali
.....
A.
menganalisa
masalah
B.
mempersiapkan
fasilitas
C.
mempersiapkan
instrumen
D.
mempersiapkan
skenario
118.
Di bawah ini
merupakan kegiatan yang dilakukan dalam penetapan fokus masalah, kecuali
.......
A.
merasakan masalah
B.
analisis masalah
C.
perumusan masalah
D.
penerapan
fokus
119.
Langkah-langkah
Penetian Tindakan Kelas (PTK) secara
berurutan meliputi ........
A.
penetapan
fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan
interpretasi dan refleksi.
B.
perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan intrepretasi dan refleksi
C.
perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi
D.
pelaksanaan
tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
120.
Hal yang
terpenting pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah
........
A.
dimonitor,
dicatat hasil akhirnya
B.
dievaluasi dan
dianalisis
C.
direfleksi dan
diamati kembali
D.
diamati dan
diperbaiki
121.
Dikaitkan dengan
tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat
membantu guru untuk .......
A.
mengatasi masalah
siswa
B.
memperbaiki
pembelajaran
C.
berkembang secara
profesional
D.
berkolaborasi
dengan guru lain
122.
Ibu Siti terbiasa
menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang ditemukan siswa
dalam pelajaran bahasa indonesia. Dari hasil analisis tersebut, Ibu Siti juga
mencoba menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar. Jika anda menemuan
kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut.
Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Siti tersebut dapat dikatagorikan sebagai
langkah awal dalam .........
A.
perkembangan
profesional
B.
melakukan
PTK
C.
memperbaiki
pembelajaran
D.
menerapkan manfaat
PTK
123.
Berikut ini adalah
manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, kecuali .........
A.
membantu guru
memperbaiki pembelajaran
B.
memungkinkan guru
berkembang secara profesional
C.
memungkinkan
guru mengembangkan karir
D.
menambah rasa
percaya diri
124.
Sekolah yang maju
embawa dampak bagi kemajuan para guru. Demikian pula sebaliknya. Oleh karena
itu, jika di suatu sekolah para guru terlatih melakukan Penelitian Tindakan
Kelas(PTK), sekolah akan berpotensi untuk ........
A.
meraih popularitas
B.
menghasilkan siswa
teladan
C.
menerbitkan
karya-karya penelitian
D.
menghasilkan
berbagai teknik pembelajaran
125.
Ibu Ita, seorang
guru IPS berpenampilan sangat energik, Ia sedang melakukan Penetian Tindakan
Kelas (PTK). Hampir setiap hari dia sibuk untuk menganalisis hasil pekerjaan
siswanya dan mencoba memberi komentar yang dapat mendorong siswa untuk bekerja
lebih giat. Para siswa ternyata sangat antusias terhadap usaha Ibu Ita. Karena
para siswa merasa pekerjaannya diperiksa dengan cermat, siswapun membuat
pekerjaannya dengan cermat pula. Siswa merasa bahwa ia selalu harus bekerja
cermat sebagaimana Ibu Ita memeriksa pekerjaannya dengan cermat pula. Ilustrasi
di atas menggambarkan manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi siswa, dalam
hal ini ........
A.
Perilaku guru yang
melaksanakan PTK menjadi model bagi siswa
B.
Guru Mendorong
siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
C.
Siswa termotivasi oleh cara guru mengajar
D.
Siswa
dapat memperbaiki proses dan hasil belajarnya
126.
Guru yang tampil
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya diri.
Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali ......
A.
Munculnya
perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat yang lain
B.
Berkembangnya
kemampuan guru dalam pembelajaran
C.
Tumbuhnya rasa
puas terhadap pembelajaran yang dikelola
D.
Munculnya perasaan
mampu Memecahkan masalah sendiri
127.
Keterbatasan
Penetian Tindakan Kelas (PTK) terutama terletak pada .......
A.
metodologi
B.
validitas
C.
instrumen yang
digunakan
D.
reliabilitas hasil
yang dicapai
128.
Hasil Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) tidak mempunyai daya generalisasi karena .....
A.
sampel
terbatas pada kelas yang diajar
B.
masalah yang
diteliti sangat spesifik
C.
metodologi sangat
longgar
D.
PTK dilakukan oleg
guru, bukan oleh peneliti
129.
Agar Penetian
Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai
kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut ,
kecuali ..........
A.
adanya kebebasan
bagi para guru untuk berinovasi
B.
birokrasi
yang ketat
C.
dukungan dari
semua personil sekolah
D.
ada rasa saling mempercayai
antara personil sekolah termasuk siswa
130.
Kemauan guru untuk
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh iklim
sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ......
A.
Berdiskusi,berkolaborasi,
dan meminta bantuan
B.
Melakukan perubahan
jadwal pelajaran
C.
Menetapkan masalah
bagi kelasnya
D.
Meminta siswa
mengikuti perintahnya
131.
Penetian Tindakan
Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ........
A.
guru
B.
peneliti
C.
guru
sebagai peneliti
D.
guru bersama dosen
132.
Tujuan penelitian
Tindakan Kelas adalah untuk ......
A.
mengungkapkan
kebenaran
B.
menjawab masalah
guru
C.
memperbaiki
kinerja guru
D.
mengumpulkan
informasi
133.
Metode utama dalam
penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya
metode yang digunakan .......
A.
bertumpu pada
kemampuan guru melakukan refleksi
B.
longgar
tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
C.
hasil
observasi/kesan dari guru
D.
bervariasi asal
sesuai dengan kaidah penelitian.
134.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari
......
A.
keriasauan
guru akan kinerjanya
B.
keriasauan
pendidik akan mutu pendidikan
C.
keinginan untuk
membantu guru
D.
kepedulian
peneliti akan kinerja guru
135.
Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal
............
A.
pelaku penelitian
B.
tujuan penelitian
C.
tempat penelitian
D.
asal masalah yang
diteliti
136.
Penelitian tidakan
kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali ...
A.
PTK
memang untuk guru
B.
guru paling akrap
dengan suasana kelas
C.
masalah di kelas
mungkin asing bagi para peneliti
D.
guru
bertanggungjawab memperbaiki kinerjanya.
137.
Seorang Dosen
Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan keluar
kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR
yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan PR
tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi
mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang cara mengatasinya, dan akhirnya mereka
sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak
itu hampir setiap minggu mereka bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan
tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan
penelitian tindakan kelas karena ........
A.
Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan Tinggi
B.
masalah
penelitian muncul dari kerisauan guru
C.
terjadi pertemuan
setiap minggu
D.
dosen Perguruan
Tunggi membantu guru memecahkan
masalahnya
138.
Guru dianggap
lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali ......
A.
dibandingkan
dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
B.
kelas merupakan
wilayah guru
C.
hasil penelitian
dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
D.
temuan
peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
139.
Dilihat dari segi
tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ........
A.
Peneliti dari
dalam
B.
Praktisi yang
membangun teori
C.
Subjek penelitian
D.
Pengajar
dan peneliti
140.
Sebagai pekerja
profesional, guru dianggap paling layak melakukan penelitian tindakan kelas
(PTK) karena .........
A.
PTK membantu guru berkembang secara profesional
B.
guru paling akrab
dengan siswa
C.
kelas memang
merupakan wilayah guru
D.
PTK merupakan
bagian dari tugas profesional guru
141.
Empat langkah
pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah ........
A.
merencanakan,
melaksanakan tindakan, refleksi, analisis data
B.
refleksi, analisis
data, merencanakan, melaksanakan tindakan
C.
merencanakan,
melaksanakan tindakan, mengamati, refleksi
D.
refleksi,
merencanakan, melaksanakan tindakan, analisis data
142.
Untuk
mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran
yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai
pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut,
kecuali ........
A.
apa yang terjadi
dikelas saya
B.
berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
C.
dengan siapa saya harus mendiskusikan asalah ini
D.
apa dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya biarkan saja
143.
Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga
guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah
yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali ............
A.
tingkat keseriusan
masalah
B.
kemampuan guru untuk
menangani
C.
ada
tidaknya mitra kolaborasi
D.
kompleks tidaknya
masalah tersebut
144.
Setelah
menentapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan
perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah,
guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali
................
A.
mengkaji teori
yang relevan dengan masalah
B.
menyusun
langkah-langkah pemecahan masalah
C.
berdiskusi dengan
teman sejawat
D.
mengingatkan
kembali pengalaman yang terkait dengan maslah tersebut
145.
Cara pemecahan yag
dipilih haruslah sesuai dengan ...........
A.
kondisi lingkungan
sekolah
B.
jumlah siswa dalam
elas
C.
waktu yang
tersedia dalam jadwal pelajaran
D.
sarana
dan fasilitas yang tersedia
146.
Sebelum melaksanakan tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali ....
A.
daftar
hadir
B.
skenario tindakan
C.
sarana dan
fasilitas pendukung
D.
cara menganalisis
data
147.
Jika sebelum
melakukan tindakan guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam
pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali .........
A.
data yang
dikumpulkan akan mubasir
B.
data yang
diperlukan tidak terjaring
C.
guru yang bingung
menafsirkan data
D.
guru
tidak memerlukan data
148.
Ibu ida seorang
guru SMK sedang asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya
menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan istilah latin kepada siswa.Dia
merasa siswa sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Ia meminta pendapat
teman-temannya, bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami
oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap
......
A.
identifikasi
masalah
B.
analisis masalah
C.
merumuskan masalah
D.
merencanakan
perbaikan
149.
Dalam melaksanakan tindakan, guru harus memperhatikan beberapa kriteria
di antaranya .......
A.
guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
B.
penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru
sebagai pengajar
C.
guru harus
memperhatikan kemampuan siswa
D.
perhatian guru
harus terfokus pada masalah yang ingin dipecahkan
150.
Bapak Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra
dengan seorang guru, teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespons terhadap
siswa di kelas. Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa
yang bai serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang
tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi
siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang perlu direkam serta
cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria
pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
A.
guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
B.
metodologi yang
diterapkan harus reliabel
C.
pengumpulan
data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
D.
masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru
151.
Tahap observasi – implementasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan
tindkan. Dalam kajian ini, observasi – interprestasi utlak diperlukan agar guru
dapat ......
A.
memantau jalanya
pembelajaran
B.
melakukan
berbagai penyesuaian
C.
mengetahui
kualitas respons siswa
D.
memantau pendapat
pengamat
152.
Idealnya, dalam
PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya, sehingga
yang mengamati dan melakukan interprestasi adalah guru sendiri. Namun,
kadang-kadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua. Untuk mengatasi
hal ini, guru dapat .........
A.
memilih salah
seorang siswa menjadi pengamat
B.
meminta kepala
sekolah untuk mengamati pelajarannya
C.
megumpulkan
alat bantu rekaman
D.
mewawancarai siswa
setelah pelajaran selesai
153.
Prinsip dasar
observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil observasi adalah prinsip yang
berkaitan dengan .......
A.
fokus observasi
B.
perencanaan awal
C.
ketrampilan
mengobservasi
D.
balikan
(feedback)
154.
Ketika melakukan
observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat, baik
kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan
meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas. Ketika terjadi diskusi
antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi tersebut, tetapi
menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir sejenak untuk menemukan
makna peristiwa yang baru saja diamati.
Perilaku pengamat seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang
berkaitan dengan ........
A.
perencanaan awal
B.
fokus observasi
C.
membangun kriteria
D.
ketrampilan
observasi
155.
Jika seorang guru
ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam
memberi respons terhadap pertanyaaan guru, jenis observasi yang paling tepat
digunakan adalah observasi .........
A.
terbuka
B.
terfokus
C.
terstruktur
D.
sistematik
156.
Pada pertemuan
pendahuluan atau pertemuan perencanaan, guru dan pengamat menyepakati hal-hal
berikut, kecuali .......
A.
Jumlah
siswa yang akan ikut dalam pembelajaran
B.
Fokus pengamatan
C.
Konteks
pembelajaran yang dikelola guru
D.
Kriteria yang
digunakan dalam interprestasi
157.
Selain melalui
observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara berikut, kecuali .......
A.
wawancara
dengan orang tua
B.
catatan/laporan
guru
C.
berbagai dokumen
hasil belajar siswa
D.
wawancara dengan
siswa
158.
Analisis data
dilakukan dengan menempuh berbagi langkah, yang pada akhirnya bertujuan untuk
..........
A.
menyeleksi dan
mengelompokkan data
B.
menyeleksi dan
menafsirkan data
C.
memperoleh
informasi tentang proses dan dampak perbaikan
D.
mendapat informasi
tentang perilaku mengajar guru
159.
Melihat hasil
latihan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10 dari 30 siswa yang
mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari encoba mengingat-ingat
apa yang terjadi ketika ia menjelaskan penggunakan rumus matematika dalam
memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan
mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia
tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan ?Ia ingat pula, siswa yang duduk di
deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus di
papan tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati
oleh ibu Sutari .................
A.
mengumpulkan data
B.
menganalisis data
C.
melakukan
refleksi
D.
merencanakan
perbaikan
160.
Perencanaan tindak
lanjut, yang merupakan salah satu langkah dalam siklus PTK, dapat diwujudkan
dalam bentuk ...............
A.
pedoman observasi
B.
revisi
rencana perbaikan
C.
program PTK secara
utuh
D.
pedoman analisis
data
161.
Berikut adalah
contoh-contoh masalah pembelajaran yang mungkin dihadapi guru, kecuali ..............
A.
pertanyaan guru
sering tidak dijawab oleh siswa
B.
perhatian siswa
pada pelajaran kurang
C.
banyak
siswa yang belum membayar SPP
D.
hasil ulangan
siswa rendah
162.
Agar mampu
mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ......
A.
peka
terhadap situasi kelas
B.
bertanya kepada
teman sejawat
C.
mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
D.
bertanya kepada
kepala sekolah
163.
Tujuan utama
menganalisis masalah pembelajaran adalah ..............................
A.
mencari hakikat
masalah
B.
menemukan
akar penyebab masalah
C.
merinci masalah
menjadi bagian-bagian kecil
D.
menemukan cara
pemecahan masalah
164.
Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali .................
A.
mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang berbagai aspek
pembelajaran
B.
menanyakan pendapat siswa tentang berbagai aspek pembelajaran
C.
menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa
D.
membaca
berbagai teori belajar
165.
Rumusan masalah
dalam PTK serupa dengan maslaah penelitian. Dari rumusan berikut, yang mana
paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A.
apakah permaianan
peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X SMK Wanabakhti
B.
bagaimana
cara mengajukan pertanyaan agar mampu membuat aktif siswa dalam pelajaran
Matematika di SMK Negeri Sawangan
C.
mengapa siswa SMK
Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional
D.
bagaimana cara
menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
166.
Tindakan perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah
berikut, kecuali ............
A.
Menelaah berbagai teori yang relevan dengan masalah pembelajaran yang
dihadapi
B.
Mengulangi apa yang pernah dilakukan ketika menghadapi
masalah yang sama
C.
Berdiskusi dengan
para pakar
D.
Mengingat kembali
pengalaman yang lalu dalam menghadapi masalah yang sama
Untuk menjawab pertanyaan nomor 167 s/d 170,
bacalah terlebih dahulu kasus berikut ini.
Kasus Pembelajaran
Ibu
Ani, guru bahasa inggris kelas XII di SMK Negeri 8 Panderman, mula-mula menjadi
risau karena hanya 10 dari 40 siswa dikelasnya yang mau menjawab dengan bahasa
inggris,jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa lain selalu diam kalau ditanya
atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan guru. Ibu Ani sering kesal dan
elanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab
tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu ani biasanya meneruskan
pelajarannya dengan meminta para siswa membaca wacana yang ada dalam buku
pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada dibuku secara tertulis.
Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali memberi perhatian
pada grammar, jika siswa salah menulis jawabannya. Dengan cara ini, Ibu Anipun
melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang semester tanpa ada
upaya perbaikan. Hasil tes bahasa inggris para siswa sedang-sedang saja karena
tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan grammar. Namun, ketika ada
tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SMK tersebut, tidak seorangpun dari
siswa Bu Ani yang berani menjawab pertanyaan tamu tersebut, apalagi bertanya.
Hal ini menyebabkan Bu Ani dipanggil oleh kepala sekolah, dan diminta untuk
berupaya agar para siswa mampu berbahasa Inggris, meskipun yang paling
sederhana. Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah muncul, dirasakan
kembali oleh bu Ani.
167.
Masalah yang
terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasus pembelajaran di atas dapat digolongkan
sebagai masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut, kecuali .......
A.
strategi
pembelajaran
B.
sumber
dan media pembelajaran
C.
evaluasi hasil
pembelajaran
D.
motivasi belajar
168.
Akar penyebab
masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain sebagai berikut, kecuali ......
A.
latihan berbicara
tidak mendapat tekanan
B.
bu Ani tidak
memberi perhatian khusus pada siswa yang tidak mau menjawab
C.
bu Ani
tidak menggunakan lab bahasa ketika mengajar
D.
kemampuan
berbicara siswa tidak dinilai
169.
Jika Bu Ani ingin
memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui PTK, pilihan rumusan masalah
PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan dilakukan Bu Ani adalah
.....
A.
bagaimana
cara memberi latihan berbicara dalam bahasa Inggris agar mampu meningkatkan
kemampuan berbicara siswa kela XII SMK
B.
apakah kemampuan
berbicara dapat dilatihkan secara intensif dengan memanfaatkan laboratorium
bahasa ?
C.
bagaimana cara
mengaktifkan siswa dalam berbicara?
D.
apakah sumber belajar dapat mendorong siswa berlatih berbicara ?
170.
Jika Anda yang menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling tepat
untuk memecahkan masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
A.
guru selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar dan tidak mau
menerima jawaban dalam bahasa indonesia
B.
guru memberikan latihan berbicara dalam bahasa inggris
secara terpadu dengan mendengarkan, membaca, dan menulis
C.
guru meminta siswa selalu menjawab dalam bahasa inggris
D.
guru memberikan latihan mengucapkan kata dengan benar
171. Kegiatan Penetian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat ........
A.
meningkatkaan
kualitas mengajar
B.
membantu kenaikan
pangkat
C.
meningkatkan mutu
pendidikan
D.
membuat karya
ilmiah
172. Yang tidak termasuk kompetensi pedagogic bagi guru adalah ……
A
memperhatikan perkembangan kognitif,
memanfaatkan prinsip kepribadian, mengidentifikasi potensi anak didik
B
menerapkan teori pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran
C
membuat setting pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif
D
Merancang dan melaksanakan evaluasi, menganalisis hasil evaluasi,
memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan program pembelajaran
E
Memahami materi ajar
yang ada di kurikulum, materi, dan konsep keilmuan lainnya
173. Seorang guru aktif dalam
Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini
berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi ……...
A
Kompetensi Pedagogik
B
Kompetensi Kepribadian
C
Kompetensi Professional
D
Kompetensi Sosial
E
Kompetensi Manajerial
174. Seorang guru SMK gemar menulis
Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya guru tersebut
telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi ........................
A
Kompetensi Pedagogik
B
Kompetensi Kepribadian
C
Kompetensi Professional
D
Kompetensi Sosial
E
Kompetensi Manajerial
175. Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian bagi guru adalah ……
A
berkomunikasi dan
bergaul efektif dengan peserta didik
B
kemandirian dalam
bertindak dan etos kerja guru
C
Menampilkan
tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan bagi anak didik, sekolah dan
masyarakat
D
Memiliki perilaku positif terhadap anak didik
E
Bertindak sesuai norma religius
(iman, taqwa, jujur, ikhlas) dan mampu diteladani siswa
thank u pak :)
BalasHapusIjin share Pak, ilmunya sangat membantu terimakasih...
BalasHapusMasuk pak eko
BalasHapus