PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 4 MALANG
Jl. Tanimbar 22 Malang 65117 (0341) 353798, 320095
Fax (0341) 353798
www.smkn4-mlg.info e-mail :surat@smkn4-mlg.info
No. Dok
|
: CM-7.1-2/PJR-FIS/08
|
Revisi
|
: 2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMKN 4 MALANG
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas : X
Semester :
1 (Satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 x
pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
|
3.
Menerapkan konsep usaha, energi dan
daya
|
KOMPETENSI DASAR
|
2.
Menghitung usaha, daya dan energi
|
INDIKATOR
|
Siswa diharapkan dapat:
1. Mensintesis persamaan matematis usaha, energi dan
daya
2.
Menghitung dengan menggunakan persamaan matematis usaha, energi dan daya
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar siswa dapat :
1. Mendefinisikan pengertian daya
2. Menuliskan persamaan usaha,
energi dan daya
3. Menerapkan persamaan usaha,
energi dan daya dalam perhitungan
4. Mendefinisikan pengertian efisiensi
5. Menerapkan persamaan efisiensi
dalam perhitungan
B.
Materi Pembelajaran
1. Penerapan perhitungan usaha pada berbagai kasus gerak
2. Perhitungan energi dan daya pada berbagai kasus gerak
C.
Metode
Pembelajaran
1. Problem Base Learning (PBL)
2. Demonstrasi
3. Ceramah bervariasi dengan diskusi
4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
|
GURU
|
SISWA
|
|
PENDAHULUAN
15”
|
·
Memberikan pertanyaan tentang daya dan efisiensi daya beserta contohnya
·
Menjelaskan lingkup materi yang akan dipelajari
|
·
Menjawab pertanyaan dengan pengertian dan
pengetahuan mereka sendiri
· Mendengarkan dan menyimak penjelasan
|
INTI
50”
|
·
Mendemonstrasikan contoh daya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang usaha, energi dan daya
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang penerapan persamaan
daya dalam perhitungan
·
Menjelaskan
dan berdiskusi tentang efisiensi
·
Menjelaskan
dan tanya jawab tentang persamaan efisiensi dalam perhitungan
|
· Menyimak demonstrasi guru
· Menyimak penjelasan dan berdiskusi tentang materi
yang dipelajari
|
PENUTUP
15”
|
·
Membantu
membuat
kesimpulan
·
Memberikan tugas terstruktur/ pekerjaan rumah
|
·
Membuat
dan mencatat kesimpulan
·
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Modul Fisika SMK Teknik 1
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan
2. LCD
3. Job sheet
F.
Penilaian
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
Kognitif : jawaban tiap orang dalam kelompok.
|
Pilihan ganda
|
Terlampir
|
Psikomotor : keaktifan dalam menyampaikan gagasan
|
|
|
Afektif : semangat dalam kerja sama,
kesungguhan dalam mendengarkan materi
dari teman
|
|
|
Malang,
8 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. H. SUPANDI, S.Pd, M.Si M. ASROFI, M.Pd
NIP. 19530420 197903 1
008 NIP.19810328
200603 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar