Photobucket
Photobucket

Kamis, 26 April 2012

ULANGAN FLUIDA


ULANGAN FLUIDA

  1. Sebuah benda yang memiliki massa jenis A mengapung dalam zat cair yang massa jenisnya B. jika ¼ bagian volumnya berada di atas permukaan zat cair tersebut, tentukan perbandingan massa jenis benda dan zat cair?
  2. Sebuahbenda terapung di atas permukaan air yang di atasnya ada lapisan bensin. 40% volum benda berada di dalam air dan 30% berada di dalam bensin dan sisianya berada di atas permukaan bensin. Tentukan massa jenis benda tersebut jika massa jenis bensin 0,7 g/cm3?
  3. Pembuluh xylem sebuah pohon memiliki diameter 0,02 mm. tentukan tinggi air dari permukaan tanah akan naik jika sudut kontaknya dianggap sebesar 0o dan tegangan permukaan air = 7,35 x 10-2 N/m?
  4. Sebuah kelereng yang diameternya 1,2 cm dijatuhkan bebas dalam sebuah tabung yang berisi oli yang mempunyai koefisien viskositas 0,03 Pas dan massa jenis 0,8 g/cm3. Tentukan kecepatan terminal kelereng tersebut?
  5. Seorang petugas pompa bensin mengisi bahan bakar sebuah kendaraan sebanyak 10 liter dalam waktu 2 menit. (a) berapakah besarnya debit bensin tersebut? (b) berapakah kelajuan bensin keluar dari pipa jika diameter ujung pipa 3 cm?
  6. Udara melewati bagian atas dan bagian bawah pesawat masing-masing dengan kelajuan 200 m/s dan 150 m/s. tentukan besar gaya angkat pada kedua sayap, jika setiap sayap memiliki luas 25 m2 dan massa jenis udara 1,2 kg/m3?
  7. Sebuah tangki berisi air berada di atas lantai. Tinggi permukaan air adalah 1 m dari dasar tangki. Tangki diletakkan di atas penyangga yang tingginya 0,25 m. pada ketinggian 0,8 m dari tanah terdapat lubang yang bocor sehingga air mengalir melalui lubang tersebut. Jika g = 10 m/s2 maka (a) hitunglah kecepatan air keluar dari lubang dan (b) jarak mendatar saat air mengenai tanah?
  8. Sebuah pipa air mancur yang berdiameter 5 cm memiliki mulut 1 cm. pancuran didesain untuk dapat memancarkan air secara vertical ke atas setinggi 15 m dari permukaan tanah. Pipa air mancur dihubungkan ke sebuah pompa air yang terletak 10 m di bawah tanah. Berapa tekanan pompa harus didesain? (g = 10 m/s2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar