Photobucket
Photobucket

Jumat, 20 April 2012

SISTEM PENDIDIKAN DI AUSTRALIA

Pendidikan Sekolah Menengah Atas (Secondary Education) Australia

  • Mulai dari year 7 sampai 12 dan biasanya siswa berumur dari 12/13 tahun sampai 17/18 tahun.
  • Senior Secondary Certificate of Education (SSCE), yang namanya berlainan tergantung dari negara bagain dan teritori, diberikan setelah siswa lulus Year 12.
  • Program kursus TVET, biasanya yang dikenal sebagai Certificate I dan II ditawarkan di Year 11 dan 12.

Pendidikan Tingkat Universitas (Tertiary Education) Australia

Di Australia, Kerangka Kualifikasi Australia (Australian Qualifications Framework - AQF) menentukan kualifikasi pendidikan Vocational Education and Training (VET) dan institusi pendidikan tinggi. Vocational Education and Training Sector (TAFE and RTO’s) dapat memberikan Sertifikat Kejuruan dan Diploma Kejuruan (Vocational Graduate Certificates dan Vocational Graduate Diplomas) dan universitas dapat memberikan gelar Diploma dan Diploma Lanjutan (untuk Pendidikan Tinggi).
 Sistem Pendidikan Australia - AQF
Kualifikasi AQF menurut sektor Akreditasi http://www.aqf.edu.au/aqfqual.htm
Certificates
Certificate I sampai Certificate IV mempersiapkan siswa untuk dapat bekerja dan pendidikan lebih lanjut dan pelatihan praktek di bidang yang beragam.
Kaplan International Colleges Sydney menawarkan program Certificate IV Bisnis yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk masuk bekerja di tingkat entry-level di bidang HR, Pemasaran, Manajemen dan Administrasi, atau melanjutkan ke tingkat kejuruan (Vocational) atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Diploma dan Diploma Lanjutan
Program Diploma dan Diploma Lanjutan di Australia mengajarkan teori dan elemen praktikal di bidang teknikal yang beragam dan/atau fungsi manajemen.
  • Program ditawarkan di TAFEs, pusat pendidikan komunitas swasta bagi siswa dewasa. 
  • Durasi program adalah 3 tahun.
  • Salah satu syarat penerimaan adalah siswa harus telah mempunyai Certificate IV dan jurusan tertentu membutuhkan pengalaman kerja atau mata pelajaran khusus.
Kaplan International Colleges Sydney menawarkan Diploma Bisnis dan Diploma Bisnis Lanjutan, yang bertujuan mempersiapkan siswa untuk masuk bekerja di tingkat supervisor di bidang HR, Pemasaran, Manajemen dan Administrasi, atau melanjutkan ke tingkat kejuruan (Vocational) atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Gelar S1
Program gelar S1 mempersiapkan siswa untuk berkarir secara profesional dan/atau melanjutkan untuk meraih gelar S2. Tersedia beragam program dan gelar S1 di Australia termasuk professional degree, double degree, graduate entry degree and Honours degree.
  • Siswa harus mempunyai Senior Secondary Certificate of Education (Year 12) atau setara untuk siswa dari luar negeri. Siswa yang mempunyai gelar Diploma Bisnis Lanjutan umumnya akan diterima di program gelar S1 jurusan bisnis dan dapat dihitung sebagai tambahan kredit pelajaran Anda.
  • Durasi program umumnya 3 - 4 tahun. 
  • Gelar Honours diberikan setelah melakukan riset tambahan selama 1 tahun.

Gelar Graduate di Australia

Gelar S2
Dalam program gelar S2, siswa mendapatkan pengetahuan dan kemampuan lebih lanjut di jurusan yang sudah dipilih. Program S2 yang ditawarkan meliputi program S2 belajar di kelas, program S2 profesional dan program S2 riset.
  • S2 belajar di kelas: meliputi belajar di kelas, tugas proyek dan riset. Siswa harus sudah lulus program S1 atau Diploma Graduate.
  • S2 profesional: meliputi proyek work-based. Siswa harus mempunyai kualifikasi yang relevan dan pengalaman profesional.
  • S2 riset: meliputi riset dan skripsi. Siswa harus sudah lulus program S1, program persiapan master, Diploma Graduate atau pengalaman riset yang setara.
  • Program MBA: siswa harus sudah lulus S1 dan mempunyai pengalaman kerja.
  • Durasi program S2 umumnya adalah 2 tahun.
Gelar S3
Terdapat dua jenis program S3, riset dan profesional. Siswa akan mendapatkan pengetahuan dan kemampuan lebih lanjut di bidang pelajaran yang sudah dipilih.
  • S3 riset: kebanyakan meliputi riset yang dibimbing. Siswa harus mempunyai gelar S2 riset atau S1 Honours untuk mengikuti program ini.
  • S3 profesonal: meliputi belajar di kelas, riset dan praktek profesional. Siswa harus mempunyai gelar S2 riset atau S1 Honours untuk mengikuti program ini.

Siswa Internasional

Untuk belajar di Australia, siswa internasional harus mengambil ujian International English Language Testing System (IELTS) sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris siswa. Setiap sekolah mempunyai kriteria minimum nilai IELTS yang berbeda. Ujian IELTS yang berlangsung selama 2 jam dan 45 menit dinilai dari skala 0 sampai 9 dan menguji kemampuan mendengar, membaca, menulis dan berbicara bahasa Inggris siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar