MEKANIKA
1.
Menentukan percepatan rata-rata gerak seekor
serangga yang bergerak setengah lingkaran dengan kelajuan yang konstan.
2.
Menjelaskan gerak benda berdasarkan grafik
kecepatan fungsi waktu.
3.
Menentukan panjang lintasan bola yang
dilemparkan bolak-balikoleh dua orang yang berlari saling mendekat dengan
kecepatan konstan dari jarak tertentu.
4.
Menggambar grafik hubungan antara besar gaya
Archimides dengan kedalaman dari sebuah batu yang dijatuhkan ke dalam air.
5.
Menentukan tinggi maksimum yang dapat dicapai
suatu benda, jika ditarik oleh benda lain yang dijatuhkan melalui suatu system
katrol tunggal.
6.
Menjelaskan kemungkinan gerak benda yang
memiliki percepatan tetap.
7.
Menentukan daya yang dilakukan gaya yang telah
mengubah kecepatan suatu benda dalam selang waktu tertentu.
8.
Menjelaskan apa yang menyebabkan permukaan bulan
yang terlihat dari bumi selalu tetap.
Termodinamika:
9.
Menjelaskan apa yang menyebabkan kalau memasak
air di kota Bandung akan mendidih di bawah suhu 100 oC.
10.
Membandingkan perubahan suhu dua benda yang
mendapatkan kalor sama, berdasarkan massa dan kalor jenis ke dua benda.
11.
Menjelaskan pengaruh kapasitas panas dan kalor
jenis, terhadap fenomena kecepatan perubahan suhu suatu benda.
12.
Menentukan suhu pada sambungan dua logam,
berdasarkan koefisien konduksi dan suhu ke dua batang logam.
13.
Menentukan massa es batu yang diperlukan untuk
menurunkan suhu air teh panas sampai pada suhu tertentu.
14.
Menentukan efisiensi mesin Carnot, berdasarkan
data perubahan suhu gas yang terdapat pada diagram PV.
15.
Menjelaskan pengaruh tekanan terhadap titik
lebur, titik beku, titik didih, dan titik embun, berdasarkan diagram PT.
Gelombang Optik:
16.
Menentukan jarak objektif dan okuler berdasarkan
data yang ada pada diagram pembentukan bayangan sebuah mikroskop optik.
17.
Menjelaskan alasan teoritis mengapa gelombang
cahaya dapat menunjukkan fenomena polarisasi.
18.
Menentukan frekuensi, berdasarkan pola gelombang
yang merambat pada jarak dan kecepatan tertentu.
19.
Menentukan perbandingan frekuensi bunyi yang
terdengarpada saat kereta mendekat dan menjauhi pendengar diam, berdasarkan
kecepatan kereta dan kecepatan bunyi di udara.
20.
Menjelaskan parameter-parameter gelombang,
berdasarkan bentuk persamaan gelombang.
21.
Menentukan jumlah mesin yang sedang
beroprasi,berdasarkan perbandingan intensitas bunyi mesin yang terdengar.
22.
Menentukan panjang gelombang cahaya, berdasarkan
konstanta kisi yang digunakan untuk menghasilkan pola interferensi yang dapat
diamati pada layar.
Listrik Magnet:
23.
Menentukan perbandingan gaya pada dua muatan
yang dipengaruhi oleh sebuah muatan lain, berdasarkan perbedaan jarak dan besar
muatan dari ke tigajenis muatan.
24.
Menentukan besar muatan yang tersimpan dalam
kapasitor, berdasarkan kapasitas masing-masing kapasitor dan selisih potensial
gabungan dari tiga kapasitor yang dirangkaikan secara seri dan paralel.
25.
Menentukan potensial listrik di titik tertentu
dari suatu muatan, berdasarkan kuat medan listrik pada suatu titik dari muatan.
26.
Menentukan rangkaian tiga hambatan yang sama
dengan rangkaian tiga hambatan yang disusun secara paralel.
27.
Menentukan efisiensi transformator, berdasarkan
perbandingan jumlah lilitan primer-sekunder dan kuat arus yang mengalir pada
lilitan primer-sekunder.
28.
Menentukan arah gaya yang dialami proton di
dalam medan listrik, berdasarkan arah kecepatan proton terhadap kuatmedan
listrik tersebut.
29.
Menentukan arah medan magnet, berdasarkan bentuk
lintasan electron yang bergerak di dalam medan magnet.
30.
Menentukan perubahan suhu sejumlah air yang
dipanasi dengan kompor listrik, berdasarkan waktu dan karakteristik yang
dimiliki oleh kompor dan air.
Fisika Modern:
31.
Menentukan jumlah inti atom yang telah meluruh,
berdasarkan grafik jumlah partikel fungsi waktu dari suatu zat radioaktif.
32.
Menentukan jenis sinar radioaktif yang keluar
dari sumber, berdasarkan bentuk lintasannya di dalam medan magnet.
33.
Menjelaskan postulat dalam teori atom Bohr yang
dapat dipergunakan untuk mengatasikelemahan teori atom Rutherford.
34.
Menentukan jumlah foton yang dipancarkan oleh
suatu pemancar, berdasarkan karakteristik daya dan frekuensi dari pemancar.
35.
Menjelaskan sifat-sifat elektron foto pada
peristiwa efek foto listrik.
LAIN-LAIN
36.
Memberi contoh penerapan hokum Faraday dalam
teknologi yang banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.
37.
Menentukanketelitian jangka sorong berdasarkan
sistem skala utama dan nonius pada alat ukur.
38.
Menentukan luas benda menurut aturan angka
penting, berdasarkan hasil pengukuran panjang dan lebar benda dengan
menggunakan jangka sorong.
39.
Membaca hasil pengukuran kuat arus berdasarkan
skala dan hambatan shunt yang digunakan pada amperemeter.
40.
Merancang percobaan untuk menyelidiki hubungan
antara gaya gesekan statis maksimum dan gaya normal.
41.
Menjelaskan dasar pemikiran yang dipergunakan
Maxwell sehingga ia dapat berhipotesa tentang keberadaan gelombang elektromagnet.
TAMBAHAN
42.
Mengurutkan empat langkah pokok dalam PTKdengan
benar.
43.
Menjelaskan komponen kegiatan pembelajaran yang
dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.
44.
Menjelaskan prinsip terjadinya belajar bermakna
menurut David Ausubel.
45.
Menjelaskan implikasi konstruktivisme dalam
praktek pembelajaran di sekolah.
46.
Menjelaskan alasan yang melandasi perlunya
diterapkan pendekatan keterampilan proses dalam kegiatan pembelajaran.
47.
Merumuskan tujuan pembelajaran yang
menggambarkan proses dan hasil belajar sesuai dengan kompetensi dasar.
48.
Menentukan materi pokok berdasarkan salah satu
rumusan kompetensi dasar dalam standar Isi.
49.
Membuat indikator yang sesuai dengan instrumen
penilaian.
50.
Menjelaskanprinsip perancangan pembelajaran yang
mendidik.
51.
Menjelaskan salah satuaktivitas guru dalam
kegiatan elaborasi pada kegiatan inti pelaksanaan pembelajaran.
52.
Menjelaskan jenis-jenis bahan ajar yang dapat
digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan
memungkinkan siswa untuk belajar.
53.
Menentukan saat yang tepat untuk mengambil
keputusan memodifikasi strategi pembelajaran yang telah direncanakan dalam RPP.
54.
Menjelaskan bentuk-bentuk beban belajar yang
dapat dilaksanakan untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk
kreativitas.
55.
Menjelaskan salah satu prinsip penilaian hasil
belajarpada jenjang pendidikan dasar danmenengah
56.
Menjelaskan salah satu prinsip penilaian yang
digunakan dalam menentukan nilai KKM setiap mata pelajaran di sekolah.
57.
Menentukan bentuk soal tes yang cocok untuk
mengetahui perkembangan unjuk kerja peserta didik.
58.
Menentukan KKM suatu KD yang memiliki sejumlah
indikator,berdasarkan nilai kompleksitas daya dukung dan intake.
59.
Menentukan tahapan dari langkah-langkah PTK,
berdasarkan materi diskusiyang dilakukan oleh seorang guru dengan rekan
sejawatnya.
60.
Membedakan jenis-jenis PTK, berdasarkan teknik
atau strategi yang dipergunakan agar suatu kegiatan pembelajaran menjadi
efektif dan efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar