Photobucket
Photobucket

Selasa, 31 Juli 2012

SOAL UKG 2012 KEPALA SEKOLAH


NASKAH SOAL

1.    KTSP SMK NEGERI telah ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan tingkat Provinsi. Sekolah tersebut berkehendak menyempurnakan KTSP-nya, karena isi KTSP tersebut dipandang masih sangat kurang. Untuk memecahkan masalah tersebut Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab KTSP melakukan:...
       a.     Memerintahkan wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada,
       b.    Membentuk TIM monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melakukan kegiatan sehingga diperoleh informasi tentang kekurangan yang ada dan digunakan sebagai bahan revisi KTSP pada tahun berikutnya,
       c.   Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk segera merombak KTSP sesuai kekurangan yang ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna,
       d.    Menugaskan kepada TIM penyusun KTSP untuk melakukan evaluasi dokumen KTSP dan segera dibenahi kekurangan yang ada.
       e.     Merencanakan penyusunan instrumen KTSP sebagai bahan monitoring untuk di evaluasi.

2.    Sekolah akan memberikan pelayanan kepada siswa, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan dan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, serta dapat mengembangkan prestasinya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas yang dapat dilakukan oleh sekolah adalah ...
       a.     Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah, sehingga bakat siswa dapat berkembang secara optimal,
       b.    Membentuk kelas unggulan, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal dengan pelayanan khusus yang telah dirancang,
       c.     Menambah mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehingga semua siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut dapat memiliki keterampilan khusus,
       d.    Menambah jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan bakat anak dapat diberikan secara optimal.
       e.     Menambah jam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kondisi dan situasi keunggulan lokal.

3.    Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
       a.     Setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan  sebagai somber belajar,
       b.    Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
       c.     Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
       d.    Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
       e.     Membentuk tim dengan bekerjasama dengan guru mapel.

4.    Visi SMK NEGERI adalah sebagai berikut:
       "Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...
       a.     Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
       b.    Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
       c.     Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
       d.    Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
       e.     Semua guru mapel membuat RPP dan silabus sesuai dengan ketentuan Permendiknas No. 41 Tahun 2007

5.    Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut adalah ...
       a.     Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual,
       b.    Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
       c.     Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
       d.    Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
       e.     Mewajibkan setiap guru untuk mengumpulkan Silabus dan RPP

6.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
       a.     Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
       b.    Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
       c.     Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
       d.    Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
       e.     Memberikan edaran kepada semua guru untuk mempelajari Permendiknas No. 41 Tahun 2007

7.    Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolah melakukan…..
       a.     Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
       b.    Membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian
              pada KTSP,
       c.     Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian,
       d.    Membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
       e.     Menasehati kepada guru yang bersangkutan untuk aktif dalam rapat dewan guru

8.    Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah .....
       a.     Satu nilai untuk satu mata pelajaran
       b.    Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
       c.     Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
       d.    Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
       e.     Satu nilai untuk semua mata pelajaran

9.    Pada saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a.     Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
b.    Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
c.     Meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujian sekolah,
d.    Memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus sekolah.
e.     Mengundang guru tersebut untuk meluluskan siswa

10. Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a.     Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
b.    Tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
c.     Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
d.    Tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
e.     Mengabulkan permintaan tersebut dengan menambah jam ekstrakurikuler.

11. Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah .....
a.     Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
b.    Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
c.     Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
d.    Tidak menyetujui karena akan merugikan siswa.
e.     Menyetujui dengan pertimbangan dari keputusan dewan pendidik.

12. Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...
       a.     Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa
b.    Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
c.     Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
       d.    Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan menetapkan, serta disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
       e.     Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel

13. Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
a.     Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
b.    Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
c.     Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
d.    Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
e.     Menetapkan wakil kepala sekolah untuk melaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya

14. Dari hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala SMK MAJU melakukan.......
a.     Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
b.    Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah,
c.     Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
d.    Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
e.     Membentuk TIM dengan dewan komite sekolah dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah.

15. Agar penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ...
a.     Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
b.    Menyusun dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
c.     Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan
d.    Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
e.     Menyusun dan merencanakan dan mengedarkan melalui media

16. SMKN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
       a.     Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
       b.    Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
       c.     Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
       d.    Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal.
       e.     Memerintahkan petugas TU untuk menfasilitasi untuk melayani masyarakat

17. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...
A.       RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
B.       KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
C.       RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
D.       KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
E.        RPP, Silabus, KTSP, Jurnal, Pembagian Tugas Guru, Tata Tertib.

18. Kepala SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah ...
a.     Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota,
b.    Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
c.     Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
d.    Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.
e.     Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

19. Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a.     Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
       b.    Menyusun program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
       c.     Melaksanakan kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
       d.    Menyusun jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
       e.     Menyusun program kerja supervisi akademis dan dilaporkan kepada atasan.

20. Pada kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah selaku supervisor ...
A.   Memberikan pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
B.    Menyarankan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihat semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
C.    Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
D.   Tidak menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
E.    Memberi nasehat kepada guru yang bersangkutan untuk memperbaiki


21. Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...

A.   Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
B.    Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
C.    Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
D.   Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
E.    Membuat undangan untuk rapat dewan pendidikan dalam rangka pemanfaatan ruang multimedia.

22. Kepala SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
A.   Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo masyarakat tinggi,
B.    Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
C.    Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
D.   Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
E.    Mempertahankan jumlah rombel dengan menambah fasilitas jam mengajar

23. Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali?
A.   tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
B.    mampu beradaptasi dengan perkantoran.
C.    berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
D.   inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
E.    educator, manager, supervisior, leader, inovator.

24. Di awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak ­kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
A.   rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
B.    tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
C.    pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
D.   pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
E.    menaikan jumlah SPP

25.  Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
       A.   mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai.
       B.    semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
       C.    saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
       D.   menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
       E.    menyusun visi, misi dan membuat program dan stuktur organisasi sekolah

26. Kepala Sekolah ditekan olch wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
A.       Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
B.       Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
C.       Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
D.       Wartawan dan LSM adalah mitra dalam menjalankan tugas.
E.        Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.

27. Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
A.       biar saja, asal tidak mengganggu.
B.       guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
C.       Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
D.       mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
E.        memanggil untuk dibina

28. Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
A.       merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
B.       selalu menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
C.       melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
D.       memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.

29. Pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan.......
a.         Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
b.         Dengan senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
c.         Keputusan didasarkan pada aturan saja.
d.        Memiliki sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
e.         Sebagai pemimpin memiliki kompetensi yang profesional.

30. Seorang guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya.........
A.   Perilaku guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang.
B.    Guru tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
C.    Biar saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan agar mengerti,
D.   Tidak perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
E.    Guru tersebut tidak memiliki etika birokrasi

31. Kepala Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon....
       A.   maaf, guru tersebut tidak ada.
       B.    sepertinya guru tersebut tidak hadir.
       C.    guru tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
       D.   guru tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan pesan...
       E.    maaf, apa yang bisa saya bantu

32. Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah adalah........
       A.   Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
       B.    Menghubungi polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
       C.    Mernbiarkan segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
       D.   Mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya sendiri.
       E.    Diselesaikan dengan BK

33. Sekolah memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria........
A.   Keuntungan dan kerugian dari kerjasama
B.    Kemampuan bekerjasama dengan berbagai pihak.
C.    Keluwesan bekerjasama dengan berbagai pihak.
D.   Santun dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
E.    Mengikuti etika birokrasi yang berlaku

34. Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........  
A.   selaku pimpinan penentu kesuksesan
B.    sebagai top leader terdepan dalam kegiatan
C.    melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
D.   melibatkan orang ahli agar juara
E.    memberikan motivasi

35. Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, sosial dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala Sekolah.......
       A.   terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah.
       B.    kegiatan karang taruna sebagai wadah pemuda desa
       C.    partisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
       D.   aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
       E.    melibatkan komite sekolah


36. Jika dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka, kecuali......
A.   Kepala Sekolah membuka amal bencana.
B.    Kepala Sekolah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan.
C.    Kepala Sekolah dengan uang pribadi menyumbang.
D.   Sumbangan spontan bantuan bencana.
E.    Kepala Sekolah membuat edaran

37. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
       A.   Pribadi
B.    Sosial
C.    Manajerial
D.   Akademis
E.    Profesional

38. Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah.........
A.   Kepribadian
B.    Manajerial
C.    Sosial
D.   Sektoral
E.    Akademik

39. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi…....
A.   Kepribadian
B.    Manajerial
C.    Sosial
D.   Moral
E.    Profesional

40. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A.   Kepribadian
B.    Manajerial
C.    Sosial
D.   kewirausahaan
E.    Akademis

41. Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi…....
       A.   Kepribadian
       B.    Produktivitas
       C.    Manajerial
       D.   Kewirausahaan
       E.    Sosial

42. Tantangan yang dihadapi kepala sekolah makin hari makin komplek, baik ancaman dari luar dan hambatan dari dalam sekolah, kepala sekolah yang kompeten...
       A.   pantang rnenyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapinya.
       B.    pantang mundur dan selalu meinperhatikan segi keuntungan.
       C.    maju terus dan selalu membuat inovasi
       D.   yang penting suasana sekolah kondusif
       E.    memberikan motivasi

43.  Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
A.   lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi
B.    jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
C.    sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas
D.   prosedur kegiatan pembelajaran
E.    jumlah biaya yang dibutuhkan untuk rombongan belajar tertentu.

44.  Sesuai dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.
Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
A.   Menghargai setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
B.    berkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun
C.    menguasai bidang yang diajarkan
D.   memahami beberapa teori belajar
E.    menguasai berbagai teknik dalam pembelajaran.

45.  Howard Gardner berpendapat bahwa manusia memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah...........
A.   kecerdasan musikal
B.    kecerdasan linguistik
C.    kecerdasan intrapersonal
D.   kecerdasan emosional
E.    kecerdasan interpersonal

46.  Menurut Gardner, siswa yang tidak menonjol dalam kecerdasan matematik mungkin tidak akan bisa mencapai prestasi luar biasa dalam bidang tersebut, namun.........
A.   bila belajar  ia akan sukses dalam bidang tersebut.
B.    ia perlu melanjutkan studi dalam bidang matematika
C.    ia harus belajar ilmu matematika saja agar sukses
D.   ia mungkin akan berhasil dalam bidang lain
E.    ia mungkin akan menguasai semua bidang

47.  Seorang siswa tampak senantiasa sabar dan pandai memahami permasalahan orang lain. Menurut Gardner, siswa tersebut memiliki kecerdasan ....... yang menonjol.

A. interpersonal
B. intrapersonal
C. lunguistik
D. spasial
E.  logika matematika

48.  Unesco menetapkan 4 hal sebagai pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan ...........
A. learning to be
B. learning to learn
C. learning to unlearn
D. learning to understand others
E.  learning to study
49.  Contoh penerapan “learning to live together” dalam pembelajaran ialah penggunaan pendekatan pembelajaran.......
A. ketrampilan proses
B. kooperatif
C. inquiry
D. kentekstual
E.  eksperimen

50.  Sesuai dengan pilar “learning to know”, kita harus melaksanakan hal sebagai berikut.....
A. menjelaskan pelajaran sejelas-jelasnya
B. menugasi siswa untuk menghafal seluruh materi yang ada dalam buku
C. membantu siswa agar mampu belajar secara mandiri
D. membantu siswa agar memiliki nilai maksimal dalam ujian
E.  memberi latihan mekanistik agar siswa mengetahui apa yang ia harus lakukan.

51.  Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......
A. mampu mencapai standar internasional
B. mampu mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
C. mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
D. menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
E. mampu membuat sekolah unggul dalam bidang akademik

52.  Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
A. sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
B. pijakan untuk menentukan program sekolah
C. memberi motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
D. meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
E. pijakan untuk menentukan tujuan jangka panjang

53.  Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar.......
       A. cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu
B. pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan
       C. siswa sukses dalam bidang akademik
       D. status sekolah mencapai taraf internasional
     E.  semua siswa dapat lulus dengan nilai yang baik

54. Salah satu fungsi komite sekolah ialah sebagai controller. Salah satu kegiatan komite yang sesuai dengan fungsi ini ialah..........................
A.  mengontrol keterlaksanaan program sekolah
B.  mengontrol kegiatan pembelajaran di kelas
C.  mengontrol kehadiran siswa
A.  mengontrol kehadiran guru
B.  mengontrol perangkat mengajar

55. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Maksudnya ialah agar siswa ...........
  1. mampu hidup bahagia sesuai dengan potensi yang dimiliki
  2. memiliki ketrampilan vokasional
  3. memiliki keunggulan akademik
  4. mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
  5. dapat diterima di jenjang pendidikan lebih tinggi

56.  Kita dapat menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu.......
  1. antivir
  2. acrobat reader
  3. yahoo/google
  4. photoshop
  5. microsoft word

57. Program Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan  mutu pendidikan Melalui.....
  1. program wajib belajar 9 tahun
  2. pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
  3. akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan
  4. maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam kelas
  5. bimbingan belajar mandiri

58. Kita dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
  1. folder
  2. mail list
  3. yahoo massanger
  4. attachment
  5. blog

59. Microsoft Power Point dapat membantu kita dalam melakukan.......
  1. penyimpanan data
  2. pembukuan
  3. presentasi
  4. entry data
  5. photo editting

60. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
  1. untuk menemukan teori yang baru
  2. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  3. untuk melakukan eksperimen
  4. untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
  5. untuk menguji kebenaran penemuan baru

61. Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
  1. perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
  2. perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi
  3. perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
  4. perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
  5. refleksi, observasi, tindakan dan kesimpulan

62. Judul yang benar dari PTK ialah.......
  1. Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang.
  2. Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
  3. Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami         di SMK 1 Malang.
  4. Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
  5. Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Siswa.

63. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?”
Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......
A.    hepotesis tindakan
B.     tujuan penelitian
C.     rumusan masalah
D.    judul penelitian
E.     latar belakang permasalahan

64. “Orang yang pintar ialah orang yang mampu menjelaskan apa saja yang ia ketahui. Orang yang bijaksana ialah orang yang mampu memberikan motivasi sehingga anda mampu menemukan sesuatu yang baru.” (Revan, 1980)
Pelajaran yang dapat diambil dari kata-kata bijak di atas ialah bahwa......
A.    guru harus senantiasa menjelaskan materi pelajaran sejelas mungkin
B.     guru sebaiknya harus membuat suasana kelas tenang
C.     guru harus memberikan pelayanan prima dengan menuntun siswa untuk mampu menjawab soal-soal ujian
D.    guru harus menciptakan suasana yang kondusif agar siswa mampu belajar mandiri
E.     guru harus tegas agar kelas dapat dikuasai dengan baik

65. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro.)
  Sikap yang TIDAK sesaui dengan kata-kata bijak di atas ialah...........
  1. kita harus bisa menjadi contoh yang baik
  2. apapun yang kita lakukan harus membuat guru/staff/siswa termotivasi
  3. berdayakan guru/staf/siswa dengan mengikuti dan mengarahkan kemauan mereka
  4. arahkan guru/staf/siswa sesuai dengan apa saja yang kita anggap benar
  5. penampilan kita harus bisa membuat suasana kerja lebih baik

66.  Berikut ini yang TIDAK termasuk fungsi kepala sekolah ialah.......
A.    Manajer
B.     Edukator
C.     Motivator
D.    Supervisor
E.     Eksekutor

67. Michael Fullan (2003) menyatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki keberanian dan kemampuan untuk membangun kultur berdasarkan hubungan saling percaya antara warga sekolah. Tindakan yang TIDAK sesuai dengan pendapat ini ialah.......
A.    Membagi tugas berdasarkan kompetensi staff
B.     Membuat keputusan berdasarkan kondisi nyata dan aturan yang berlaku
C.     Melaksanakan sendiri semua kegiatan agar kinerja berjalan secara efektif dan efisien
D.    Mencari terobosan yang dapat dilakukan agar kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi
E.     Melakukan apapun yang benar dan praktis untuk dilakukan demi tercapainya tujuan sesuai visi sekolah.

68. Sergiovanni (2006) menyatakan bahwa seorang pemimpin harus bisa membedakan antara normative rationality dan technical rationality, yakni: dalam membuat keputusan kita harus berdasarkan norma yang berlaku sekaligus memperhatikan efektifitas dan efesiensi. Bila terjadi permasalahan tentang kedua hal tersebut maka kita harus .........
A.    Mengutamakan yang kedua.
B.     Meninggalkan kedua-duanya
C.     Mengutamakan yang pertama
D.    Melakukan apa saja yang bisa dilakukan
E.     Mementingkan yang efektif untuk dilakukan

69. Dalam manajemen peningkatan mutu sekolah kita kenal dengan istilah benchmarking. Istilah tersebut terkait dengan ......
A.    Kegiatan pengambilan keputusan berdasarkan norma
B.     Penetapan standard tertentu baik perorangan maupun lembaga sebagai dasar peningkatan mutu.
C.     Pemberian identitas suatu benda yang diperlukan untuk peningkatan mutu
D.    Upaya peningkatan mutu dengan mengevaluasi manajemen lembaga secara keseluruhan
E.     Mengupayakan adanya jaminan kualitas dari setiap aspek manajemen lembaga.

70. Dalam upayanya untuk meningkatkan mutu sekolah, kepala sekolah “X” mengajak seluruh komponen sekolah untuk bekerjasama dengan pihak-pihak terkait termasuk orang tua dan tenaga profesional untuk melakukan evaluasi kinerja sekolah. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah........
A.    Quality control
B.     Quality assurance
C.     Total quality management
D.    School review
E.     School reform

71. Dalam melakukan suatu kegiatan sekolah-sekolah difasilitasi dengan prosedur operasional standar dengan tujuan agar..........
A.    Kegiatan bisa diseragamkan
B.     Kegiatan dapat dilakukan secara efisien
C.     Kegiatan dapat dilakukan dengan mudah
D.    Terdapat jaminan mutu kinerja yang standar
E.     Terdapat komitmen yang kuat untuk mematuhi aturan

72. Dalam Permendiknas no 13 tahun 2007 diamanatkan bahwa kepala sekolah harus memiliki kompetensi kewirausahaan. Berikut ini yang terkait dengan kompetensi kewirausahaan untuk kepala sekolah ialah.........
A.    Menciptakan inovasi untuk pengembangan sekolah
B.     Mampu melakukan kunjungan kelas secara berkala
C.     Mampu bekerjasama dengan pihak lain
D.    Mampu membuat program tahunan dengan benar
E.     Berakhlak mulia dan berperan sebagai teladan

73. Salah satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
A.    semakin meningkatnya perhatian masyarakat terhadap sekolah
B.     meningkatnya inovasi kepala sekolah untuk mengembangkan lembaga
C.     berkurangya ketergantungan sekolah pada pemerintah
D.    meningkatnya kontribusi warga sekolah dan masyarakat untuk mengembangkan sekolah
E.     meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing rombongan belajar

74. Dalam rangka optimalisasi partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah boleh  ........
A.    Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
B.     Mendorong masyarakat untuk memberikan saran/kritik terhadap sekolah melalui jalur yang benar.
C.     Memprioritaskan warga sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
D.    Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan sekolah
E.     Mengutamakan warga sekitar dalam kegiatan PSB

75. SWOT ialah merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya ialah........
A.    Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
B.     Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
C.     Kekuatan, kelemahan, peluang dan kondisi
D.    Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
E.     Kekuatan, inovasi, peluang dan ancaman

76. Analisis SWOT bertujuan untuk.........
  1. Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
  2. Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu
  3. Menghindari kelemahan dan ancaman agar sasaran dapat dicapai
  4. Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran
  5. Menentukan sasaran yang tepat sesuai dengan kesiapan lembaga

77. Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
  1. Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
  2. Visi harus memiliki keunikan
  3. Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
  4. Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
  5. Perbedaan pendapat dapat mewujudkan visi yang berbeda.

78. Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
  1. visi tidak ditafsirkan secara berbeda
  2. tujuan dapat dicapai dengan mudah
  3. misi dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
  4. semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
  5. masyarakat mengenal profil sekolah

79. Sebagai kepala sekolah kita harus senantiasa mengembangkan diri. Hal ini dapat dilakukan dengan......
  1. Memiliki gelar akademik yang setinggi-tingginya
  2. Menggunakan sebagian besar waktu kita untuk melakukan penelitian
  3. Senantiasa belajar hal-hal terkait dengan tugas pada saat yang tepat
  4. Menerapkan apapun yang ada pada sekolah internasional dalam sekolah kita
  5. Berusaha tampil terbaik dalam segala bidang

80. Salah satu ciri khas kepala sekolah yang berkepribadian bagus ialah.......
  1. Mau menerima saran dari staff, orang tua atau masyarakat
  2. Senantiasa mengumumkan semua informasi terkait dengan lembaga
  3. Berusaha tidak melibatkan orang lain dalam membuat keputusan
  4. Bersama-sama dengan seluruh warga sekolah untuk mengelola keuangan
  5. Melakukan apapun agar sekolah menjadi paling baik dibandingkan dengan sekolah sekitar

81. Berikut ini adalah cara yang tepat dilakukan oleh kepala sekolah yang berkepribadian bagus dalam membangun disiplin siswa........
  1. Senantiasa mengawasi gerak gerik setiap warga sekolah agar tidak terjerumus melakukan hal yang tidak diinginkan
  2. Selalu bertindak tegas serta memberi hukuman pelanggar aturan secara terbuka 
  3. Senantiasa disiplin baik dalam melaksanakan tugas di sekolah maupun kegiatan lain di luar sekolah
  4. Selalu mengingatkan siapapun yang melakukan hal yang tidak sesuai dengan dirinya
  5. Sering memberi ceramah kepada siswa tentang kedisiplinan dan akhlaq mulia.

82. Berikut ini yang tidak termasuk sifat kepala sekolah yang baik ialah......
  1. Memiliki kecerdasan emosi yang tinggi
  2. Ulet dalam melaksanakan tugas
  3. Tidak gampang marah dalam menghadapi masalah
  4. Tegas dan siap melakukan evaluasi terhadaf staff secara terbuka
  5. Memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas

83. Berikut ini yang BUKAN ciri khas sekolah yang menerapkan MPMBS ialah.......
  1. Adanya otonomi sekolah yang lebih luas
  2. Menetapkan kebijakan lokal
  3. Mengambil keputusan partisipatif
  4. Memberikan akuntabilitas publik
  5. Berbasis kurikulum sentralistik

84. Berdasarkan Permendiknas no 13 tahun 2007, kepala sekolah harus memiliki kompetensi sosial. Berikut ini yang Bukan indikator kompetensi sosial kepala sekolah ialah.......
  1. Bekerjasama dengan pihak lain untuk mengembangkan sekolah
  2. Berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan
  3. Peka terhadap permasalahan warga sekolah
  4. Peka terhadap permasalahan orang tua
  5. Berpartisipasi aktif dalam semua kegiatan ilmiah

85. Hal yang boleh dilakukan oleh kepala sekolah berdasarkan Permendiknas no 13 tahun 2007 ialah sebagai berikut.......
  1. Melaksanakan kerjasama dengan lembaga lain sebagai upaya peningkatan kompetensi guru.
  2. Membuka Income Generating Unit dengan prioritas utama peningkatan kesejahteraan staff
  3. Mencari terobosan sumber dana melalui kegiatan apapun yang menguntungkan lembaga
  4. Menjual aset sekolah yang belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan lembaga
  5. Melaksanakan kerjasama dengan penerbit yang memberikan rabat yang paling tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan guru

86. Terhadap siswa yang datang terlambat, langkah pertama yang kita lakukan ialah.........
  1. melarangnya memasuki sekolah
  2. memberinya sanksi agar jera atas perbuatannya
  3. meminta penjelasan mengapa ia terlambat
  4. menyuruhnya masuk kelas dan segera mengikuti pelajaran
  5. menyuruh yang bersangkutan untuk belajar di perpustakaan

87. Setiap warga sekolah bisa memberikan pembelajaran budi pekerti. Salah satu hal yang dapat dilakukan ialah dengan......
  1. berperilaku sopan dengan siapapun
  2. bertindak keras bagi setiap tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik
  3. tak bosan-bosan memberi komentar setiap tindakan siswa
  4. senantiasa mengawasi gerak-gerik siswa selama di dalam kelas
  5. memberikan ancaman kepada setiap siswa agar tidak melakukan tindak yang kurang sopan

88. CTL merupakan singkatan dari........
  1. cooperative teaching and learning
  2. contextual teaching for learners
  3. contextual teaching and learning
  4. coordinated teaching and learning
  5. cooperative teaching for learners

89. Berikut ini yang merupakan salah satu ciri khas CTL ialah........
  1. materi pelajaran dijelaskan langsung secara tuntas
  2. materi pelajaran terkait dengan standar internasional
  3. materi pelajaran terkait dengan kebutuhan siswa
  4. materi pelajaran bersifat informasi yang jelas dan pasti
  5. materi pelajaran bersumber dari kurikulum yang sentralistik

90. Berikut ini adalah kegiatan yang merupakan perwujudan fungsi kepala sekolah sebagai inovator....
  1. Melakukan kegiatan berdasarkan prosedur operasional standar
  2. Menerapkan pola baru yang benar, praktis, efektif dan efisien dalam menangani permasalahan manajerial
  3. Konsisten pada pola penerapan manajerial yang sudah baku
  4. Sering melakukan perubahan keputusan dalam rangka mengikuti kecenderungan warga sekolah
  5. Memiliki komitmen yang kuat terhadap penerapan pendekatan manajerial yang ia yakini

91.  Empat hal prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan kegiatan manajerial ialah......
A.  Perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, dan kontrol
B.  Perencanaan, pembiayaan, pelaksanaan, kontrol
C.  Perencanaan, koordinasi, refleksi dan observasi
D.  Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
E.   Perencanaan, kontrol, pembiayaan dan koordinasi

92. Power Point adalah sebuah program yang dapat membantu kita terutama dalam bidang.........
A.  Editting
B.  Presentasi
C.  Publikasi
D.  Pembukuan
E.   Video recording

93. Seorang kepala sekolah dalam perencanaan pengadaan sarana pendidikan di  sekolah seharusnya dilakukan melalui analisis kebutuhan yang didasarkan pada……
A.  Kurikulum yang berlaku, ukuran ruang kelas, jumlah anak didik.
B.  Kurikulum yang berlaku, ukuran ruang kelas, ekonomi orang tua
C.  Kurikulum yang berlaku, ukuran ruang kelas, jumlah guru kelas
D.  Kurikulum yang berlaku, ukuran ruang kelas, jumlah biaya teredia
E.   Kurikulum yang berlaku, ukuran ruang kelas, jumlah guru.

94. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis dikembangkan dengan prinsip diversivikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik.Hal tersebut tertuang dalam….
A.  UU Nomor 20 tahun 2003
B.  UU Nomor 14 tahun 2005
C.  PP Nomor 19 tahun 2005
D.  Permendikans Nomor 19 tahun 2007
E.   Permendikans Nomor 41 tahun 2007

95. Salah satu komponen dan indikator kinerja dewan pendidikan dan komite sekolah adalah sebagai badan pertimbangan sekolah dan pendidikan. Fungsi yang demikian disebut.....
A.  Advisory agency
B.  Supervisor agency
C.  Controlling agency
D.  Mediator agency
E.   Organizing agency.

96. Permendiknas tentang Standar kompetensi Kepala Sekolah terdapat dalam….…
A.  Permendikans Nomor 16 tahun 2007
B.  Permendikans Nomor 13 tahun 2007
C.  Permendikans Nomor 12 tahun 2007
D.  Permendikans Nomor 19 tahun 2007
E.   Permendikans Nomor 41 tahun 2007

97. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 mengatur tentang....
A.  Standar kelulusan
B.  Standar isi
C.  Standar kompetensi
D.  Standar kegiatan
E.   Standar sarana.

98. Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan semua personil dan staf agar dapat melakukan secara efektif dan efisien. Hal ini fungsi kelapa sekolah sebagai.....
A.  Manager
B.  Motovator
C.  Leader
D.  Supervisor
E.   Evaluator

99.  Kepala sekolah dalam mengambil keputusan dilakukan secara partisipasi, bersifat obyektif sesuai kebutuhan sekolah, relevan dengan kondisi sekolah dan kondisi siswa.
Aspek tersebut kepala sekolah sebagai....
A.  Kepala
B.  Bapak
C.  Pemimpin
D.  Penguasa
E.   Atasan

100.Penampilan sesuatu organisasi sekolah yang memuat segala visi, misi, kebijakan, program, aktivitas dan prestasi sekolah adalah....
A.  Renstra
B.  BBE
C.  MBS
D.  RAPBS
E.   Profil